nhk

Tes MotoGP Qatar 2020: Fakta Dari Dua Tes Menuju Ronde Pertama, Kata Rossi Indikator..!

ManiakMotor – Ada benarnya buat beberapa berpendapat, hasil test sulit jadi parameter  pada lomba sebenarnya. Tes dan race selalu berbeda nuansanya, entah itu buat joki dan para insinyur yang meramu motornya. Berbeda pula dengan hari ‘H’ balapan soal tuntutan setingan yang real time.

Nggak usah jauh-jauh, tes yang sama tahun lalu di Sepang dan Qatar sebagai pembandingnya. Lalu lihat hasil balapan ronde pertama di Qatar, “Hasil tes tidak menggambarkan konsisten dalam lomba dengan jumlah lap panjang. Kami ambil contoh tahun lalu Bagnaia yang rookie saat itu ke-2 dalam tes Sepang, tapi hasil akhir balapan berbeda buat Bagnaia,” jelas  Paolo Ciabatti sebagai direktur olahraga Ducati Corse meluruskan hasil test Ducati di Sepang 2020 yang tercecer dibanding test yang sama 2019 di mana empat pembalapnya memimpin test Sepang.

Alasannya bos Ducati tersebut boleh diterima. Di ronde pertama Qatar 2019 yang juara justru Andrea Dovizioso. Padahal saat test Sepang 2019, Dovizioso hanya keempat. Lalu di tes Qatar tahun lalu, Dovizioso itu hanya ke-15. Tapi saat balapan, Dovi juaranya. Sedang para pemimpin test saat itu nggak ada yang podium.

Mirip-miriplah dengan Valentino Rossi yang mengaku sukses di tes Sepang. Tapi dia hanya mengingatkan, progress M1 2020 baru hanya terlihat di satu sirkuit Sepang. Masih ada tes selanjutnya di sirkuit yang berbeda. Juga lomba pada sirkuit yang selalu berganti, “Tapi apa pun hasil test Sepang sebuah indikator ke depan tetang cerita M1 2020 yang sedang diuji,” timpal Rossi yang akan meneruskan program data pada M1 2020 di test Qatar ini.

Atau mari ditengok sosok Marc Marquez (Repsol Honda Team). Dengan alasan bahu yang masih sakit habis operasi tahun lalu dan tahun ini juga menimpanya, di test tahun lalu dia biasa saja. Di Sepang tahun lalu hanya ke-11 dan di Qatar ke-4, namun saat balapan dia podium kedua di Losail. Tahun ini di test Sepang, Marquez hanya ke-13.

Tapi biasalah beberapa menuding Marquez hanya pura-pura. Kira-kira mirip dengan tahun lalu. Marquez juga berbicara, “Hasil kecepatan test akan sulit dikombinasikan dengan kualifikasi saat lomba. Sangat berbeda atmosfernya,” kata Marquez seperti menyindir para joki yang kencang saat test di Sepang 2020, lalu.

Kalau begitu saksikan lagi test Qatar 22 – 24 Februari. Apakah ada yang masih pura-pura dan adakah kecepatan test sesuai kenyataan dengan lomba. Untuk membuktikan itu harus melihat ronde pertama juga di Losail pada 8 Maret 2020 mendatang. Saksikan dan jangan lewatkan, termasuk menunggu Fabio Quartararo yang jago test akan samakah dengan hasil balapan. Miolo

BACA JUGA

Test MotoGP Qatar 2020: H1 Ditutup Dua Suzuki Di Depan, Rossi & Marquez Berdekatan

Hasil Test Resmi MotoGP Losail, Qatar Dari 22 – 24 Februari 2020

Test MotoGP Qatar 2020: H1 Jam Pertama KTM Langsung Bicara Yang Lain Tunggu Lampu

Tes MotoGP Qatar 2020: Fakta Dari Dua Tes Menuju Ronde Pertama, Kata Rossi Indikator..!

Tes MotoGP Qatar 2020: Warna Resmi Aprilia Ikut Diluncurkan Andrea Iannone, Aleix Dan Smith

Jelang Tes MotoGP Qatar 2020: Rossi, Tunggu Pengembangan M1 2020 Dari Hasil Uji Sebelumnya

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353