nhk

Tes MotoGP Sepang 2017: Kasihan…! Pembalap dan Motor ‘Manyun’ di Paddock

Tes, Sepang, Honda, Cuaca
Para wartawan foto Honda RC213v Marquez. Desain knalpot baru

ManiakMotor – Trek belum juga kering di sebagian lokasi, ditambah lagi kondisi cuaca tidak mendukung alias mendung. Akibatnya, tes sesion 2 di sirkuit Sepang, hari ini (31/1) tidak berjalan mulus. Masuk jam ketiga pun, lintasan Sepang sepi dari raungan motogp. Sampai-sampai, di tweeter motogp kasih judul, “Riders waiting, bikers waiting”.

Tes, sepang, pirro, ducati
Pirro besut Ducati dalam kondisi trek tidak normal alias masih basah

Banyaknya waktu luang, bikin pembalap ‘manyun’ alias cembetut, dong. Tapi, ada kesibukan sendiri di paddock Honda. Para juru foto melakukan pemotretan motor Marc Marquez yang katanya, tes hari ini sang juara dunia 2016 akan pakai mesin baru. Tapi, ada yang berubah dari tampilan RC213V milik MM, tentu juga Pedrosa.

Perhatikan desain knalpot, tidak lagi tingginya sampai bagian atas lengan ayun (swing arm), tapi sudah menjulur lebih panjang. Memang, mulai tahun ini, HRC sudah kontrak dengan SC-Project yang lebih dulu dukung tim satelit Honda Marc VDS, tidak lagi bersama Termignomi.

Nah, sampai jam ke-3 baru empat nama pembalap yang membukukan waktu. Selain Lorenzo, ada Takuya Tsuda, tester Suzuki yang mampu melebihi kecepatan Lorenzo, Johann Zarco dan Michele Pirro. Pembalap Jepang itu menorehkan best tim 2:06,196. Tentu kondisi lintasan sudah lebih baik ketimbang pertama Lorenzo meluncur dengnan 2:14. Berarti, hari ini tim dan pembalap banyak buang waktu di trek. Rezki

BAGIKAN