nhk

Tes MotoGP Sepang 2017: Lorenzo Terkejut, Banyak Main Perangkat Ini Bikinnya Melorot

Lorenzo,Ducati, stoner, sepang
Stoner memberi masukan cara menjinakkan GP17 di tikungan

ManiakMotor – Ngak cuma semua orang Ducati, Jorge Loreenzo sendiri ikut kaget lantaran waktunya teramat jauh dari tester Casey Stoner dan Andrea Dovizioso yang teratas di hari pertama tes. Bahkan waktu yang diukir JL masih di bawah hasil tes private sebelumnya.

Saat penutupan tes hari pertama (30/1), mantan pembalap Yamaha itu di urutan ke-17. Jaraknya dengan Stoner 1.669 detik. Malah kalah cepat sama pembalap satelit Alvaro Bautitas yang keempat tercepat.

Melihat hasil itu, jelas doski belum bisa beradaptasi cepat sama Desmosedici GP17. itu diakuinya kalo ia harus mengubah gaya balap sesuai versi terbaru GP17 dengan Salad Box dan desain knalpot yang agak kekanan sekarang ini. Ketika di Valencia dengan GP16, semua sangat gampang. Padahal, gaya balap sama seperti yang dilakoni selama 9 tahun.

Tapi, saat di Sepang dengan cara yang sama pula, “Ternyata jauh lebih sulit untuk bisa cepat. Aku pun sadar bahwa motor butuh perlakukan beda dari sebelumnya,” tandas JL. Ia coba mengatur waktu melalui pemakaian ban dan ketika sudah panas tentu bisa meningkatkan waktu. “Ternyata prediksi itu meleset, terutama kehilangan saat mengerem,” paparnya.

Saat sama Yamaha M1, JL mengaku terbiasa melakukan banyak pengereman. Dengan GP17 kebiasaan itu coba diterapkan justru sebaliknya, banyak waktu terbuang. Jadi, dirinya belajar bagaimana mengkestrak terbaik dari motor, sehingga waktunya terpuruk kemarin. Termasuk gaya menikung yang parabola alias melambung.

Tapi, secara keseluruhan, JL mangaku tidak kecewa, hanya dirinya terkejut. Semula, paling tidak hasilnya mendekati Valencia, ternyata jauh. “Tapi, siangnya kami sudah membuat perbaikan besar dan motor bisa melesat cepat,” tutup JL. Rezki

BAGIKAN