nhk

Tes MotoGP Sepang 2017: Rossi Masih Sakit Kepala, M1 Baru Menjanjikan

Valentino Rossi Test Sepang 2017

ManiakMotor – Sebenarnya cara pengujian Valentino Rossi seperti sampeyan tahu sendiri. Dia bukan tipe geber habis sejak awal. Tapi selalu bertahap melaporkan dan memecahkan bersama setelan motornya. Saat yakin, dia push tuh motor.

Kebetulan hari pertama tes resmi Sepang, Malaysia 29 Januari 2017, dia cukup puas pada mesin, sasis, suspensi dan bodi M1 2017. Padahal dia masih sakit kepala. Bahkan 90 menit awal latihan masih istirahat di hotel.

“Hari pertama sangat menarik, saya coba motor yang akan digunakan sepanjang tahun ini, walau kondisi kepala masih puyeng. Itu motor jauh berkembang dari prototype saat dicoba di Valencia. Yamaha di Jepang telah melakukan pekerjaan sesuai tuntutan,” sebut Rossi yang diprediksi sakit kepalanya karena perubahan cuaca di Asean, juga jalan-jalan sampai ke Lombok dan kegiatan promosi, termasuk pengaruh AC (pendingin ruangan) di pesawat.

Rekayasa pada M1 2017 dibandingkan 2016 fokusnya pada daya tahan ban. Katanya paruh kedua musim lalu, persoalannya ada di situ. Ban belakang cepat habis bila diajak bertempur terus-terusan. Dan Yamaha di Jepang sesuai laporannya bisa mengatasinya. Buktinya pujian awal dari Rossi yang dikenal ceplas-ceplos soal motor. Bagus ya bagus, kalau kurang dia nggak pernah sebut bagus, tapi akan dilihat selanjutnya.

Rossi memang hanya ke-8 di hari pertama. Doski masih tertinggal 1.014 detik dari catatan terbaik dipegang Casey Stoner, tester Ducati. Rossi hanya mencetak 2:00.694. “Performa mesin oke. Pemetaan elektronik juga lancar. Tapi hari kedua (Selasa 31 Januari) akan coba sasis yang sedikit berbeda,” pungkas Rossi.

Semoga kepalanya juga nggak sakit lagi. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Sepang, Malaysia, 30 Januari – 1 Februari 2017