nhk

Tes MotoGP Sepang 2017: Vinales Bukan Kebetulan Dapat Di Bawah 2 Menit

Mavarick Vinales Tes Sepang 2017

ManiakMotor – Ini sejarah Maverick Vinales boleh berlari 1:59.858 di sirkuit Sepang, Malaysia. Itu terjadi pada hari kedua testing resmi MotoGP 2017 pada 31 Januari. Dengan merek sebelumnya dia bisa juga di bawah 2 menit, tapi masih 1:59,9.

Kecepatan Vinales di Sepang dengan Yamaha di hari kedua konsisten, bukan kebetulan mencetak di bawah 2 menit. Dia tiga kali mencetak di bawah 2 menit di ujung sesi hari kedua. Lap-nya yang terakhir membuatnya kedua itu.

Itu bila dibandingkan dengan Andrea Iannone pakai Suzuki. Iannone tercepat, namun catatan di bawah 2 menit itu semata wayang. “Terkejut juga. Motor menggunakan ban untuk setelan lomba dan bisa dapat konsisten. Salah satu catatannya membuat saya kedua,” sebut Vinales yang berusia 22 tahun tersebut.

Sebenarnya menurut pembalap Spanyol itu, andai dia fokus pada satu lap kencang, katanya harusnya catatannya bisa lebih laju lagi. Tapi waktu sangat mepet akibat cuaca. Di ujung sesi dia malah mencari kecepatan konsisten yang tiga kali dapat di bawah 2 menit tadi.

Baginya Yamaha M1 sekadar kencang satu lap sangat mungkin dilakukan. Tapi dia lebih fokus mencari lap yang banyak dengan kecepatan rata-rata. “Ini berguna untuk gaya mengendara yang ternyata masih kaku dengan M1. Dengan banyak lap, lama-lama hal itu akan hilang dengan sendirinya,” sebut Vinales.

Sedangkan aerodinamika M1 katanya juga bagus dengan fairing baru. Fairing juga yang digunakan Valentino Rossi. Fairing dirancang dengan aliran udara pada lubang-lubang internal untuk menggantikan fungsi winglet. Memang konstruksinya nggak kelihatan bangat, kan internal alias menyatu dengan fairing itu sendiri. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Sepang, Malaysia, 30 Januari – 1 Februari 2017

BAGIKAN