nhk

Tes MotoGP Sepang 2018: Bagian Ini Diperbaiki Honda

93 Marquez Test Valencia 2017
Honda sudah membawa edisi 2018 di tes Valencia

ManiakMotor – Bisa benar, bisa salah omongan Kevin Schwantz si mantan joki Suzuki era 2T. Honda 2017 juara dengan susah payah, mereka biasa-biasa saja. Lawan beratnya Yamaha jauh lebih kesulitan. Sedangk Ducati meningkat, tapi katanya nggak terlalu jauh. Hasilnya Honda itu biasa-biasa saja, karena memang hampir dikalahkan Ducati.

Boleh ditelusuri arah perbaikan Honda pada testing di Sepang, Malaysia yang resminya 28 – 30 Januari 2018. HRC yang membidangi motor RC213V Marc Marquez dan Dani Pedrosa pasti juga buka telinga omongan Schwantz yang biasa-biasa saja itu. “Honda menang hanya keberuntungan dan berkat Marc Marquez yang memaksakan kecepatan,” kata Schwantz yang menyesalkan kedaan ini tidak dimanfaatkan pembalap Suzuki yang disorotinya.

Honda yang kembali pada tipe mesin big bang harus punya karakter.  Big-bang itu zaman dulu jago di putaran bawah, nggak kalah pada putaran tengah ke atas. Faktanya, di bagian ini malah sering dikalahkan Ducati di tangan Andrea Dovizioso. Itu pun Marquez sudah bermain di atas 100 persen. Makanya kan jatuh mulu.

Kenyataan juga, Honda satu-satunya pabrikan yang membawa prototipe 2018 saat test di Valencia tahun lalu. Maksudnya usai seri terakhir di sirkuit tersebut mereka sudah coba  edisi 2018. Tanda, para insirnyurnya juga membaca dugaan Scwantz.

Sudah bisa diduga, RC213V 2018 harus muncul karakrternya di putaran tadi. Kalau perlu sejak dari bawah sudah unggul. Dipadu dengan bawanya Marquez, niscaya akan sulit dilawan, lagi. Miolo

BAGIKAN