nhk

Tes MotoGP Sepang 2018: Catatan Rossi 1:59.390 Terbaik Selama Tampil Di Malaysia

 

ManiakMotor – Saat testing pramusim 2015 di Sepang, Malaysia, Valentino Rossi mencetak 1:59.401. Dan itulah – kalau nggak salah lantaran data nyari sendiri – catatan terbaik Rossi selama bermain di sirkuit Sepang. Catatan resmi yang bisa dilacak di data. Saat itu pun sedang bagus-bagusnya ban Bridgestone yang setahun berikutnya digantikan Michelin sampai saat ini.

Berarti catatan yang 1:59.390 di Sepang saat tes pramusim tahun ini pada 29 Januari 2018 yang paling kencang buat orang Italia itu. Kemarin atau hari peratama Rossi memuji sasis M1 dari evolusi 2016. Hari ini dia mengagungkan aerodinamika motornya. “Saya pikir dengan catatan 1:59.3 yang terbaik dilakukan di sini (Sepang). Motor lagi nyaman,” sebut Rossi sembari memuji winglet M1-nya yang katanya punya andil memperbaiki lajunya.

Catatan Rossi itu sebenarnya masih kalah 0.035 detik dari M1 Vinales yang tercepat di sesi testing hari kedua di Sepang. Tapi buat Rossi, time itu adalah progress dari dirinya dan motor. Juga koleksi kecepatannya di Sepang. Tanda-tanda Rossi bisa mencetaknya, di siang hari doski sudah mencetak 1:59.766 dan membuatnya sempat tercepat.

Isyarat Rossi yang menggunakan helm bercorak persis dia tampil pertama kali di GP125 pada 1996, masih bersemangat. Atau helm tersebut, tanda dia akan pensiun? Kan sudah menggunakan corak yang satu siklus. Soal abaikan saja. Singkatnya, perbaikan M1-nya untuk edisi tahun ini dari catatan waktu tersebut dengan ban Michelin, rangka evolusi 2016 yang dikatakan enak dan winglet tadi.

Khusus winglet katanya tidak menguras tenaga untuk mengontrol depan, sebab roda muka terkena dampak down force atau tekanan angin ke bawah saat menghantam winglet. “Kontak roda depan terawat dengan baik pakai sayap ini. Juga sepertinya di trek lurus motor lebih kencang. Tapi ini baru permulaan masih banyak detil yang akan diperbaiki,” pungkas Rossi sembari menunggu untuk hari terakhir testing.

Wah kalau trek lurus kencang, artinya dari tikungan sudah kencang duluan.  Miolo

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Sepang, Malaysia 28 – 30 Januari 2018

 

BAGIKAN