nhk

Tes MotoGP Sepang 2018: Honda Balas Dengan Winglet Big Bang RC213V

ManiakMotor – Penggunaan winglet ini semacam main catur. Sudah dijelaskan di sini, coba klik berita itu soal winglet. Setelah di tulisan itu, winglet Yamaha dan Ducati sepertinya ‘hilang’. Eh RC213V yang digerek kru HRC seperti pada foto di atas malah muncul dengan sayapnya yang besar. Sayap big bang juga.

Kalau diperhatikan pada foto RC213V yang sedang dipersiapkan untuk testing pramusim resmi di Sepang yang mulai 28 Januari tersebut, antara internal dan eksternal. Yang diperbolehkan adalah internal alias menyatu dengan fairing. Maksudnya tidak berdiri sendiri, tapi jadi kesatuan dengan fairing. Yang digunakan RC213V itu sebagian menyatu dan sebagian ‘dipaku’ pada fairing.

Seperti diketahui buat yang malas buka link yang di arahkan tadi, Yamaha M1 memulainya saat testing di Valencia lalu. Ketika itu mereka pakai winglet yang besar bersifat eksternal. Ducati pun komentar akan melihat selanjutnya winglet M1 apakah diporbolehkan?

Herannya Ducati saat dites privat oleh Casey Stoner di Sepang, malah muncul dengan fairing polos. Beda dengan yang mereka perkenalkan saat peluncuran di Italia. Sama juga dengan M1 saat perkenal di Madrid tidak menggunakan winglet tersebut.

Kini Honda muncul seperti di foto tersebut. Cuma namanya winglet saat tes diperbolehkan. Kalau begitu tunggu saja Minggu 28 Januari saat test ramai-ramai di negera tetangga tersebut. MM

 

 

BAGIKAN