nhk

Tes MotoGP Sepang 2018: RC213V Big Bang Curi Start Testing

ManiakMotor – Analisa hanya butuh logika. Matthew Birt selaku analis MotoGP punya itu mengamati RC213V edisi 2018. Selain motor ini juara di tangan Marc Marquez tahun lalu, dan ada progressnya sampai paruh kedua musim lalu. Dan mereka lebih siap, bukan berarti curi srtart.

Menurutnya Honda berada di level tertinggi untuk meneruskan riset big bang mereka. “Boleh ditelusuir  saat test di Valencia tahun lalu, mereka satu-satunya yang membawa prototipe 2018. Artinya mereka lebih siap yang dilanjutkan dengan tes privat tahun lalu,” sebut si pengamat tersebut.

Artinya RC213V sudah curi start yang lebih siap tadi. Mereka sudah punya arah mau di kemanakan tuh riset. Ketimbang dengan yang lain baru dites Sepang ini membawa gacoannya didaftarkan berkompetisi 2018. Dan itu pun baru akan di tes awal di Sepang yang sudah dimulai oleh para tester sejak 24 Januari dan berakhir 26 Januari. Lantas dilanjutkan resmi 28 – 30 Januari yang diikuti pembalap resminya.

Marc Marquez, Dani Pedrosa, Cal Crutchlow bersama duo tim testes Hiroshi Aoyama dan Takumi Takahashi telah menginput ratusan pilar perkembangan penting. Berbekal data yang dilompati, Honda sudah tahu arahnya, “Menurut saya secara teknis mereka telah mencuri lebih awal. Mereka sudah punya basis untuk ke Sepang ini,” sebut Birt dengan yakinnya.

Maksudnya, Marquez, Pedrosa dan Crutchlow akan mengendarai RC213V yang sudah mereka kenal. Tinggal meluruskan yang melenceng-melenceng sikit di tes Sepang tersebut. Intinya, RC213V menurut Birt tinggal untuk ditenangkan kecepatannya, tidak harus membuat Marquez jatuh 27 kali seperti tahun lalu.

Begitu katanya… MM

BAGIKAN