nhk

Tes MotoGP Thailand 2018: Hari Ke-1 Sibuk Hitung Gear Ratio, Crutchlow Patokannya Superbike

ManiakMotor – Di hari pertama menginjak sirkuit baru tanpa data, paling repot menentukan perbandingan reduksinya. Reduksi itu pengurangan putaran mesin yang jadi peran girboks (transmisi) disalurkan ke roda. Tujuannya agar tiap giginya dari sudut ke sudut (tikungan) tepat perpindahannya. Di girboks, ya ada gigi ke gigi atau gear ratio. Terakhir final gear yang jadi cantelan rantai dari mesin ke roda, lho. Paham kan….

Itu yang dibicarakan Cal Crutchlow yang tercepat di hari pertama tes resmi di sirkuit Buriram, Thailand pada Jumat 16 Februari 2018. Bukan berarti hanya Crutchlow yang sibuk mencari perbandingannya, tapi yakin itu terjadi pada semua peserta. Nggak peduli mereka sudah main kelas paling canggih, MotoGP.

“Kalau saya berpatokan pada WSBK yang pernah tampil di sini. Itu pun hanya panduan, bukan mutlak. Mesin superbike dan MotoGP, jauh berbeda,” kata Crutchlow yang joki LCR Honda tersebut di Crash.

Cal juga mengaku hanya mengambil sampel kecepatan WSBK agar tidak merepotkan di sirkuit. Intinya di sirkuit saat tes jangan terganggu ngebengkel hanya masalah bongkar girboks. Katanya untuk mengatur daleman alias internal gear ratio, paling tidak butuh waktu satu jam. “Itu merugikan, menyita waktu sesi testing,” sebut Cal yang bongkar-bongkar girboks dikerjakan tersendiri yang boleh dilakukan timnya di malam hari.

Gir tersebut agak merepotkan di Buriram lantaran karakter sirkuit yang pendek, namun punya 1.000 meter trek lurus. Tapi tikungannya juga sebentar-sebentar harus mengubah kecepatan. “Di situlan peran pengaturan awal rasio. Saya punya dua pilihan hitungan,” cerita Crutchlow yang terserah dia bicara lantaran dia yang tercepat di hari pertama ini. MM  

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Buriram Thailand 16 – 18 Februari 2018

BAGIKAN