nhk

Tes MotoGP Untuk 2017 Sepang: Vinales Lagi Yang Tercepat, Rossi Kalah?

Maveric Vinales test M1 2017 Sepang

ManiakMotor – Yamaha M1 cepat kepegang oleh Maverick Vinales telah diperkirakan jauh hari. Style-nya nggak beda jauh dengan Jorge Lorenzo yang digantikannya di Yamaha. Bedanya tentu lebih agresif Vinales. Di sirkuit yang memiliki tikungan cepat, Vinales makin santai memainkan M1-nya. Vinales punya keahlian yang sama dengan Lorenzo melarikan motor di high speed corner.

Di test MotoGP untuk 2017 di srikuit Sepang, Malaysia yang  hanya diikuti Yamaha pabrikan dan setelit pada 23 – 25 November 2016. Dikabarkan Vinales lebih cepat dari empat pembalap yang dibawa Yamaha. Berarti boleh mengalahkan Valentino Rossi, dong. Namanya juga kabar.

Harap maklum, untuk saat ini Rossi bukan tipe asal cepat di sesi ujicoba. Rossi  datang ke Sepang untuk test. Tentu saja mengetes motor yang baru dibikin sesuai data-data sebelumnya, juga data yang didapat saat test Valencia lalu. Maklum, Sepang adalah sirkuit komplet yang menjadi referensi sirkuit-sirkuit yang digunakan MotoGP.  Di sana ada tikungan lambat, sedang, cepat dan dua trek lurus. Komplet kan…

Beda dengan Vinales yang mendapat mainan baru M1. ternyata lebih bisa menyalurkan skill-nya dibanding merek sebelumnya. Makanya setiap kicauannya selalu bernada riang. Termasuk saat di Sepang pada 24 November 2016. “Sangat senang hari ini,” kicau Vinales di akun twitternya.

Sekadar catatan saja, karena test terbatas sesama Yamaha, tidak ada time yang dikeluarkan. Termasuk komentar mereka yang belum dikeluarkan sampai saat ini. Catatan juga walau dalam kontrak Jorge Lorenzo masih bersama Yamaha, tapi seperti aturan selama ini, pembalap yang sudah dikontrak merek lain pada tahun berikutnya sudah dilarang untuk ikut test. Alasannya saat test sudah banyak perubahan komponen dan teknologi yang bersifat rahasia tim. Ito