nhk

Tes MotoGP Valencia 2017: Rossi Jatuh Bukan Karena Mesin Prototipe 2018, Dua Kemungkinan

Rossi, Tes Valencia, Motogp

ManiakMotor – Valentino Rossi mengalami kecelakaan hebat saat menjalani sesi tes di trek Ricardo Tormo, Valencia, hari pertama (14/11). Kejadian berlangsung ti tikungan ke-10 dan ia baru mengitari dua lap. Ia berharap bisa mendapatkan kesempatan lagi untuk menjajal prototipe mesin Yamaha M1 2018, hari ini.

The Doctor sendiri tidak tahu persis apa penyebab dirinya sampai terlempar ke gravel dan motor hancur berantakan. Hanya ada dua perkiraannya, “Apakah saya sedikit ke luar dari racing line atau dingin. Yang pasti, bukan karena mesin,” tegasnya.

Dingin yang dimaksud tentu menyangkut ban. Katanya, ia coba meningkatkan kecepatan karena sudah dua setengah lap. Di luar dugaan, ia kehilangan bagian depan dan M1 pun meluncur deras ke gravel. Ia berharap bisa menunggang mesin prototipe 2018 dengan jarak ssejauh mungkin hari ini.

Setelah insiden, Rossi pun masuk pit dan tampil lagi dengan spek 2016. Dirinya melahap 64 lap dengan menguji berbagai sasis, mesin, plus ban baru. Diakui, hasilnya cukup positif karena bisa membuat laptime yang bagus dan tercepat keempat sampai akhir tes.

“Perasaan dengan motor positif, kita bisa menemukan keseimbangan yang tepat. Hanya, masalah seperti yang kita alami musim ini, berupa drgradasi ban belakang masih terus terjadi,” bingung Rossi.

Yang mengherankan Rossi, Johann Zarco tampil dengan M1 2017 merasa nyaman. “kami coba berbicara dengan Yamaha dan memberikan informasi sebanyak mungkin. Saya berharap tim bisa memperbaiki mesin prototipe dan dicoba di tes hari kedua,” harap Rossi. Rezki

BAGIKAN