nhk

Tes Resmi Sepang 2017: Stoner Keluhkan Trek, GP17 Hanya Melesat 1 Jam

Sepang, Lorenzo, Ducati
Lorenzo dan Gigi bicara serius sambil menunggu tes

ManiakMotor – Casey Stoner tidak bisa maksimal menguji Desmosedici GP17 lantaran terganggu kondisi trek, kemarin (26/1). Sementara sang General Manager Ducati Gigi Dall’lgna ditanya soal fairing baru dijawab, cukup dilema dan pihaknya sedang bekerja untuk soal satu itu.

Baik Stoner maupun Gigi sangat kesal dengan lintasan Sepang. “Bayangkan, dua hari di sini, kami hanya bisa kerja maksimal total satu jam. Jelas, ini buang-buang waktu saja,” kesal Gigi di mana aspal lintasan licin akibat sengatan matahari. Ketika berlangsung motogp Oktober lalu, soal ini sudah disinggung, “Tapi belum diperbaiki juga.

Tak kalah sengit lagi Stoner. Sang tester mengaku di banyak tikungan kondisinya seperti basah. Ini dikarenakan antara permukaan aspal dan lapisan pendukung tidak ada rongga buat menyalurkan air “Ketika suhu udara meningkat, kondisinya semakin memburuk dan terlalu lama untuk kering,” keluh mantan pembalap motogp asal Australia.

Akibat dari sengatan matahari itu, suasana tes pun tidak marak. Padahal, banyak wartawan ingin tahu soal fairing ekor baru Ducati yang sudah ada di garasi. Termasuk posisi knalpot. “Itu (knalpot) hanya memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan model lama. Kami geser beberapa sentimeter ke samping, tidak drastis,” terang Gigi.

Disinggung soal fairing, Gigi bilang untuk musim ini diputuskan fairing yang belum pasti dan sementara masih pake yang 2016. Dan dalam satu tahun hanya boleh satu kali melakukan evolusi. “Jadi, kami sekarang bekerja secara khusus pada aerodinamis,” tutup Gigi sambil bilang ada dua jenis fairing untuk motor Lorenzo dan Dovi, yakni fairing untuk trek cepat dan trek lambat sereta sasis baru. Rezki

BAGIKAN