nhk

Tes Sepang 2017 (Jelang) : DNA Iannone dan GSX-RR Sama, Tinggal Adaptasi

Iannone, Suzuki, Sepang

Maniakmotor – Usai peluncuran Suzuki GSX-RR 2017, motor balap tim Suzuki Ecstar di sirkuit Sepang, kemarin (29/1), Andrea Iannone langsung ditembaki rentetan peluru pertanyaan. Ia menjadi incaran lantaran pembalap yang berasal dari Abruzzo, Italia itu jadi andalan Suzuki. Karena, dirinya paling pengalaman dan masuk jajaran papan atas dibanding rekannya Alex Rins yang rookie.

“GSX-RR dan saya punya DNA yang sama. Sekaranglah kita perlu menjadi yang terbaik dari teman-teman,” bilang Iannone. Ditegaskannya lagi, dirinya sekarang ini berada di tim hebat dengan produsen besar di belakangnya. “Saya senang!” itulah kata-kata pertama meluncur dari mulut Iannone.

Bagi Suzuki sendiri, tahun ini adalah tahun perubahan besar. Setidaknya dalam formasi pembalap, keduanya bergabung dengan tim yang sama sekali baru buat mereka. “Kami sangat mengandalkan dia (Iannone) agar bisa membawa Suzuki ke puncak. Ia menjadi andalan yang beralih dari merah (Ducati, Italia) menjadi biru (Jepang),” ucap Davide Brivio, manajer tim.

Mari kembali ke Iannone. Ia mengaku tidak menyesal cabut dari Ducati, juga dengan masa lalunya. Setelah mengevaluasi pilihannya, salah satu yang meyakinkannya bisa bersaing di  arena karena dirinya ditempatkan di pusat proyek. Artinya, masukan dari dirinya sangat dibutuhkan untuk performa GSX-RR. Ya, kira-kira sama seperti Rossi dan Lorenzo di Ducati. Dengan begitu, palayanan nomor satu ada pada dirinya.

Saat ditanya wartawan, soal harapannya dari tes resmi pertama di Sepang, pagi ini (30/1) Iannone ingin mendapatkan adaptasi sebanyak mungkin. “Tak seorang pun pernah memiliki motor yang sempurna. Anda harus mencoba untuk beradaptasi dengan kebutuhan Anda,” paparnya.

Bagaimana dong dengan ucapannya di Valencia bahwa GSX-RR sangat cocok dengan dirinya? “Saya menyadari langsung, Suzuki sangat cepat di tikungan. Karakteristik yang saya juga ada pada DNA saya,” tutup Iannone. Klop lah. Rezki

BAGIKAN