nhk

Tes Sepang 2017: Winglet Sudah Dilarang, Kok Tester M1 Masih Menggunakannya?

Winglet M1 2017
Tes Sepang privat 2017. Tuh lihat sayap putihnya

ManiakMotor – Sayap sudah dilarang untuk 2017. Tapi tester Yamaha, Nakasuga saat test privat di Sepang, Malaysia pada 27 Januari 2017, M1-nya masih menggunakannya. Tuh sayap putih besar-besar ada pada M1 yang nanti akan dikebut Valentino Rossi dan Maverick Vinales di test resmi pada 30 Januari – 1 Februari 2017. Ada apa sebenarnya?

Tes privat ini hanya boleh diikuti para tester. Sedang pembalap resminya baru turun pada jadwal yang disebut di atas. Bisa jadi, sayap terserbut sebagai alat pembanding pada M1 2017. Maksudnya seperti apa bedanya bila motor tersebut pakai sayap dan tidak. Banyak nggak bedanya?

Itu hanya analisa portal ini saja dan masih banyak kemungkinan-kemungkinan munculnya sayap putih pada M1, di saat itu barang sudah dilarang. Di saat pula para petinggi Yamaha saat peluncuran timnya mengklaim nggak masalah dengan hilangnya winglet. Mereka sejak dari dulu punya metode aerodinamika sendiri.

Tapi kan jadi pertanyaan juga, barang yang seharusnya dilupakan masih muncul dalam test. Memang sih belum test resmi, baru tes permulaan agar joki aslinya langsung bisa menuruskan yang sudah diuji sebelumnya. Sama juga dengan prediksi portal ini, bahwa aerodinamika salah satu yang akan menghiasi kesibukan tes di Sepang 2017, coba baca ini; Selain Mesin Berkutat Aerodinamika, Tanpa Winglet.  Sebab dikabarkan, Ducati lewat testernya Casey Stoner dan Michele Pirro kadang menggunakan sayap juga pada test yang sama. Ito

BAGIKAN