nhk

Test MotoGP 2017 Valencia: Hanya Setengah Jam, Vinales Langsung Kuasai Handling M1

Yamaha M1 2017 Maverick Vinales

ManiakMotor – Salah satu kejutan besar tes resmi MotoGP di Valencia adalah sepak terjang Maverick Vinales dengan gebetan barunya, Yamaha YZR-M1 spek 2017. Adaptasinya luar biasa, hanya butuh setengah jam. Yaaah, sesuai prediksi portal ini gaya Vinales segera dapat dengan M1. Lha wong, cara bawanya nggak beda jauh dengan Jorge Lorenzo, bedanya dia masih anak muda.

Hari pertama tes (16/11-2016) sesungguhnya Yamaha hanya ingin MV melakukan pengenalan teknis. Lalu menjalin komunikasi dengan Ramon Forcada – mantan chief mechanic Jorge Lorenzo – kini menangani dirinya. Tapi,nyatanya, MV memberikan lebih sekaligus menegaskan potensi yang iamilikinya di jok  M1.

Hanya setengah jam awal ia gunakan untuk pengenalan sistem kerja M1.Setelah itu langsung nonjok ke urutan kedua tercepat. Dia sempat terlempar ke-6, dan pada akhirnya menutup sesi latihan dengan 1:30,930. Itu kalahkan Valentino Rossi dengan gap tipis 0,020 detik.

Sontak MV menjadi headline di berbagai laman olahraga otomotif. Sebagian dengan embel-embel New Kid on The Block. Mudah dicalonkan pengancam mereka yang dominan saat ini pada MotoGP 2017 nanti. Melahap total 61 laps, MV mencetak best time-nya pada lap ke-55.

Rilis resmi Movistar Yamaha, hanya direktur tim Massimo Meregalli yang banyak cerita. Ceritanya juga sudah ada di portal ini sebelumnya. Intinya, dia memuji Vinales dan punya bakat mengembangkan motor. “Buktinya dia sensitif terhadap perubahan set-up,” jelas Meregalli  yang tidak bisa membandingkan MV dengan Rossi lantaran The Doctor cetak best lap-nya dengan M1 versi2016 sementara saat jajal motor 2017 malah celaka.

Sayang, tak ada celoteh MV soal bulan madunya dengan Yamaha. Tak ada komentarnya yang ditulis media, begitupun dalam rilis resmi Yamaha. Maklum, saat ini ia masih terikat dengan tim pabrikan Suzuki.  Meski begitu  sinyal yang dipancarkan MV joki muda yang kudu diwaspadai seniornya. Andro

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Valencia 2017, Spanyol 15 – 16 November 2016

BAGIKAN