nhk

Test MotoGP 2017 Valencia: Layakah Ducati Bayar Lorenzo Rp 240 Miliar/Tahun? Ada Hasil Test

Lorenzo in action dengan Ducati di test Valencia
Lorenzo in action dengan Ducati di test Valencia

ManiakMotor – Pertama kali pegang Ducati, kelihatannya layak. Ducati tak sia-sia membajak Jorge Lorenzo dari Yamaha dengan nilai kontrak 12 juta Euro per tahun atau kalau dirupiahkan kamu baca saja judul. Rajinlah baca judul brosist.

Hari pertama test pramusim MotoGP 2017 di sirkuit Valencia, Spanyol pada Selasa 15 November 2016, di atas motor merah, JL yang 9 tahun dengan Motor Biru mampu menembus 3 Besar tes Valencia bersama Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Juga mengalahkan rekan setim Adrea Dovizioso rekan setimnya yang sudah karatan di Ducati yang hanya ke-5.

Adaptasinya yang begitu cepat dipuji berbagai pihak, termasuk lawan-lawannya di kelas primer macam Valentino Rossi dan Marc Marquez. Termasuk Dovizioso kasih jempol. “Kami semua di Ducati terkesan dengan sikap dan cara kerja Lorenzo yang profesional. Baru hari ini ia duduk di atas sadel Desmosedici, tapi seakan sudah lama mengenalnya,” ujar Davide Tardozzi, salah satu petinggi Ducati.

Yang dipuja-puji hanya senyum-senyum setiap kali dimintai komentar oleh wartawan. Ia memang tak boleh kasih pendapat soal Ducati karena masih terikat dengan Yamaha. Bahkan situs resmi MotoGP tak ada komentar Lorenzo. Tapi, dengan banyak senyum sambil elus-elus kumis tipisnya, sampeyan tentulah tahu kalau hati JL langsung nyaman.

Di hari pertama JL memang dapat tugas dari Luigi Gigi Dall’Igna, si insinyur Ducati. Dia disuruh membesut Desmosedici GP16 yang dilengkapi winglet yang selama ini jadi senjata andalan Ducati di sektor aerodinamika. Dengan GP16 itulah JL mencetak waktu bersejarahnya bersama Ducati dengan 1:31,052.

Hari kedua tes sekaligus terakhir pada Rabu 16 November ini, JL baru gebar-geber Desmosedici protype 2017. “Saya ingin tahu pendapatnya tentang perbedaan dua motor tersebut. Juga itu sekaligus minta apa yang ia inginkan,” ujar Gigi, maha guru Ducati yang merombak total karakter motor pabrikan Italia itu dalam beberapa tahun terakhir.

Saksikan hari ini juga, apakah Lorenzo bisa mempertahankan posisinya dengan bayaran tinggi itu. Andro

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Valencia 2017, Spanyol 15 – 16 November 2016