nhk

Test MotoGP Pramusim Valencia 2014: Front End Sasis RCV 2015 Marquez Oke, Engine Brake Kurang

ManiakMotor – Menurut Marc Marquez RCV 2014 masih lebih bagus dari prototype 2015. Tapi itu semata keterbatasan waktu testing di Valencia yang berlangsung 10 – 12 November. Kekurangan pada motor edisi 2015 akan bisa dikejar sampai pada seri pertama tahun depan.

Memang sih RCV 2015 kata Marquez lebih enak pada bagian paling depan sasis atau bahasa tekniknya front end. Bicara wiliyah itu adanya di komstir dan sekitarnya. Wilayah itu pula sebagai tumpuan  menghendling motor terutama dalam pengereman. Tahu sendiri cara Marquez mengerem yang sangat dalam alias late braking mulu. Ilmu kira-kiranya begitulah.

Ia kejam di situ untuk meminjam redaman suspensi depan membantu arus beloknya. Makanya dia rasakan peningkatan pada front and  sasis 2015. Tapi juga sekaligus ada kekurangan dari engine brake yang dia rasakan dari tekniknya melambatkan motor di depan tikungan.

“Hari terakhir testing saya bikin   fastest pakai motor 2014. Seharian menggunakan  2015, tapi itu motor pada  beberapa bagian masih kurang,” jelas Marquez yang di tiga hari testing tercepat dengan 1’30.973 atau lebih cepat 0.002 detik dari catatan Jorge Lorenzo di hari pertama.

Marquez juga bilang, roda belakang masih sering bergeser pada RCV 2015. Kurang enak diberi gas mendadak saat keluar tikungan. “Tak nyaman pada sasis belakangnya. Dan testing ini bukan waktunya untuk mengambil risiko. Ya ini soal keterbatasan waktu testing saja. Garis besarnya masih bisa ditingkatkan, karena HRC tahu motor yang pas buat saya,” kata juara dunia 2013 dan 2014 itu.

Beda lagi dengan Dani Pedrosa yang teman setimnya di Repsol Honda Team, ia bicara standar-standar saja. Ya mungkin sedang teringat libur sebentar lagi, libur sebentar lagi, libur sebentar lagi. “Rabu pengujian jauh lebih produktif. Cuaca memungkinkancoba halbaru pada RCV 2015. Secara keseluruhan tes positif, para teknisi telah mengumpulkan banyak data dan dibawah ke HRC Jepang. Saya yakin  ada pengembangan saat test di Sepang tahun depan,” jelas Pedrosa.

Kalau gitu libur dulu deh. Ito

BACA JUGA

Test Pramusim Valencia 2014: Lorenzo Ke Indonesia, Rossi Lengan Ayun Dan Rangka Baru

MotoGP Test Pramusim 2015 Valencia: RC213V 2015 Marquez Tercepat, Waspadai Aleix Pakai Suzuki

MotoGP 2014 Test Pramusim Valencia: Sementara Suzuki Ke Papan Atas, Selisih 0.7 Detik Dari Tercepat

Thailand Gelar WSBK 2015, Test Untuk MotoGP 2016

BAGIKAN