nhk

Test MotoGP Sepang 2018: Ducati Bangkitkan Tenaga Awal

Seperti ini GP18

ManiakMotor – Ducati sangat kecewa ketika winglet internal diberlakukan. Ada khikmatnya, justru mereka jadi kreatif. Ducati GP17 dibikin agresif manvernya yang terbantu putaran menengah mesin. Boleh dilihat dari 6 kemenangan Andrea Dovizioso justru menang di beberapa sirkuit yang harusnya milik Yamaha dan Honda.

Walau begitu, perlu ditingkatkan di sirkuit yang syarat tikungan yang bermain di gigi rendah. Berarti sudah bisa dipastikan, para insiyur Ducati  pimpinan Gigi Dall’Igna akan fokus ke situ. Tercium dari presentasi Ducati baru lalu, bahwa mereka sudah punya temuan soal distribusi tenaga yang merata pada motor. Bukan jago trek lurus, terutama pada putaran tingginya.

Ducati kudu bisa ‘mencuri’ point seperti sirkuit Austin, Jerez, Sachsenring dan sejenisnya. Sebenarnya bila winglet yang digunakan saat peluncuran diizinkan, Ducati lumayan cepat di tikungan-tingkan berdekatan di gigi rendah.

“Ada perbaikan di wilayah ini dan nani dipastikan ulang di tes Sepang,” sebut Gigi pada test yang berlangsung 28 – 31 Januari 2018. Saat cerita dibikin sudah berlangsung test privat pada 24 Januari di Sepang. Ducati menurunkan dua tester potensialnya, salah satunya Casey Stoner.

Langkah Ducati ini antisipasi andai winglet yang besar-besar kembali dilarang. Namun bila lolos, Ducati akan bisa melawan di sirkuit-sirkuit low speed. Selain riset tadi, juga winglet yang dipercaya oleh Ducati sangat membantu untuk kelincahan motor di sirkuit macam itu.

Tentu saja mengandalkan dua pembalapnya, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Apalagi Dovi makin paham mengatasi lawan pada sirkuit-sirkuit yang sulit buat Ducati. Miolo

BAGIKAN