nhk

Test MotoGP Sepang 2019: H3 Jam Ke-5, Fairing Baru Ducati GP19, Winglet Anyar M1 Vinales

Winglet baru Ducati

ManiakMotor – Sejak tadi pagi jam pertama test hari ketiga MotoGP Sepang, Malaysia 8 Februari 2019 pada cetak catatan fantastis, habis itu posisi belum bergerak. Kebanyakan digunakan untuk test benaran. Bahkan ada yang melakukan simulasi balapan dengan banyak lap tanpa pit-in.

Jack Miller juga menggunakannya

Yang menarik tadi pada kebut-kebutan, Ducati menggunakan fairing anyar. Fairing menjadi satu kesatuan dengan winglet yang berbeda dari versi sebelumnya. Winglet persis pada tudungnya berkesinambungan dengan lekukan-lekukan pada dinding fairingnya, terutama aliran anginnya.

Selain dua Ducati, Jack Miller (Pramac Ducati) juga menggunakan fairing yang dikerjakan lewat teknik simulasi komputer. Teknik ini disebut oleh Ducati adalah Computational Fluid Dynamics (CFD). CFD nggak perlu lagi repot diuji ke wind tunnel dan tanpa perlu menunggu barangnya jadi. Kan pakai simulasi.

Winglet milik Vinales

Dan memang dijanjikan oleh Ducati, fairing anyar tersebut akan ditest langsung di Sepang. Ternyata baru dikeluarkan di hari ketiga. Supaya nggak ada yang niru, kalee?  “Aturan baru 2019 pada fairing adalah tantangan. Pengerjaan lewat CFD adalah solusi. Dimensi-dimensi winglet untuk 2019 dikurangi lewat regulasi. CFD membuat aeordinamis berfungsi terutama down force yang anti-wheelie,” kata Edoardo Lenoci, pakar pengembang aerodinamis Ducati yang juga pernah di F1.

Ooo… pantas empat Ducati bisa melakukan catatan 1:58 dan sementara di test hari ketiga sedang memimpin. Cerita winglet, M1 Maverick Vinales juga menggunakan versi terbaru. Tuh ada fotonya. Winglet Vinales sifatnya masih coba-coba, karena winglet doang yang baru, nggak dirancang bersama fairing seperti Ducati. MM

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP 2019 Sepang 6 – 8 Februari 2019 Dari Jam Ke Jam

Test MotoGP Sepang 2019: H3 Jam Ke-3, Murid Rossi Si Pecco, Pecahin Rekor Sepang

Test MotoGP Sepang 2019: H3 Jam Pertama, Rekor 1:58 Dari Dua Ducati GP19 Plus M1