nhk

Test MotoGP Sepang 2019: Usai H2, Cerita M1 Vinales Tercepat, Punya Rossi Juga Mantap..!

ManiakMotor – Bila motor sudah lebih cepat 2 detik dari setelan balapan, pastilah saat balapan itu sendiri enteng menempuh rata-ratanya. Di Sepang fastest lap tahun lalu 2 menit 0.762 detik. Berarti kecepatan konstan 2  menit 1 detik kecil.

Buat Maverick Vinales yang dapat 1’58.897 di hari kedua tes resmi MotoGP Sepang, 7 Februari 2019, lebih mudah baginya melarikan waktu rata-rata. Karena itulah, tim dan pembalap berlomba mencari waktu tercepat, secepatnya.

Vinales pembalap ketiga berhasil berlari 1;58 di Sepang. Penah Honda RC213V Marc Marquez pada 2015 dan Jorge Lorenzo dengan Ducati tahun lalu. Ketiganyya didapat saat testing resmi. Ada selentingan, Casey Stoner saat pakai Ducati pernah 1:57 dalam testing juga, cuma datanya sulit dilacak.

Catatan Vinales sampai hari kedua adalah yang tercepat dan satu-satu di bawah 1:59, “Ini usaha dari kerja keras. Hari kedua kami selalu menggunakan spek untuk balapan. Sorenya ada peningkatan pada setelan motor,” papar Vianales yang mencetak waktu tercepat tersebut di lap 62 dari 63 lap. Itu dilakukan di ujung sesi, sore saat suhu sudah kembali ‘dingin’.

Hari kedua M1 Vinales banyak dipasangi item-item baru. Salah satunya sasis. Menurut rilis Monster Yamaha MotoGP, saat melakukan catatan tercepat, M1 Vinales menggunakan part yang baru dites di Sepang ini. Tentu selain mesin 2019 yang memiliki engine brake yang memudahkan kontrol pembalap masuk tikungan.

Omongan Vinales kemarin juga, H2 ini akan melakukan set-up yang berbeda. Juga memperbaiki grip ban depan sembari membenahi pengereman agar cepat menghentikan laju motor dengan tenang, “Apa pun itu, perlu dicoba lagi besok (8/2),” cerita Vinales. Maksudnya kalau bisa sama cepat dari hari ini, itu sama dengan kecepatan hari ini nggak kebetulan.

Bila M1 Vinales ok, seharusnya milik teman setimnya yang senior bangat bernama Valentino Rossi itu, juga mantap. Kan satu kubu dan menurut para insinyur M1, setelan milik Rossi dan Vinales belakangan hampir sama. “Ya betul, hari ini tidak begitu buruk. Kami terus bekerja mengembangkan set-up. Ada beberapa item lain diperbaiki dan menemukan sesuatu yang membuat motor meningkat kinerjanya,” timpal Rossi yang mencetak 1:59.625 dan membuatnya ke-6.

Rossi mengakui langkah-langkah testing hari kedua membuatnya selalu cukup kuat. “Ini hari kedua yang positif. Kami masih memiliki sesuatu untuk diuji hari terakhir test. Tunggu saja hasilnya soal test tiga hari ini,” tambah Rossi yang banyak membandingkan data berbagai opsi set-up di hari kedua.

Ya ditunggu. MM

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP 2019 Sepang 6 – 8 Februari 2019 Dari Jam Ke Jam

Test MotoGP Sepang 2019: Wow… H2 Ditutup, M1 Vinales Tercepat Cetak 1;58 Disusul GSX-RR Rins

Test MotoGP Sepang 2019: H2 Jam Ke-6, Lagi Sibuk Nyetting, Banyak Pit-In

MotoGP 2019: Rins Bersaksi, Suzuki GSX-RR Makin Garang di Trek Lurus