nhk

test MotoGP Valencia 2017: Rossi Lebih Lambat, Jajal Beberapa Mesin, Ada Progress

Rossi, Valencia tes, Motogp
Perhatikan winglet M1 saat test Valencia

ManiakMotor – Hasil tes hari terakhir Valentino Rossi tidak lebih cepat dari yang pertama di trek Ricardo Tormo, Valencia, kemarin (15/11). Dengan best time 1:30.729 di sesi penutupan, justru lebih lamban 0.210 detik. Kendati begitu, The Doctor puas karena ada progress dengan tugas yang dituntut Yamaha.

Rossi diminta tim fokus pada mesin prototipe 2018. Jadi, sebagai perbandingan, ia menguji dengan beberapa mesin lain yang ditempelkan pada sasis 2016 sebanyak 62 lap. hanya, tidak dijelaskan catatan waktunya pakai mesin yang mana dan diukir pada lap 49.

“Hari ini kita memutuskan dan menguji dengan beberapa mesin yang berbeda. Jadi, konsentrasi ke situ,” jelas Rossi yang kalah cepat 0.619 detik sama Marquez yang tercepat.

Rossi minta dipasang pada sasis 2016 karena tes mesin ini dinilai penting. Ia tidak boleh melakukan kesalahan sedikit pun. Penting, katanya, punya motor yang sama untuk memahami mesin anyar. Maksudnya, sasis 2016 ini sudah dipakai balap di seri pamungkas(Valencia) lalu.

Setelah melahap 62 lap, satu lap lebih pendek dari hari sebelumnya, ia memuji mesin 2018. “Mesin baru ini bertujuan untuk memberikan lebih banyak tenaga tanpa kehilangan karakter halus di bagian bawah (rpm),” tegasnya. Valencia, lanjutnya belum jadi patokan untuk uji mesin karena kecil dan akan dilanjutkan di Sepang (Januari).

Bagaimana dengan degradasi yang jadi momok M1? Rossi mengesampingkan mesin baru dapat memecahkan masalah ban belakang yang jadi kelemahan sasis 2016. “Para insinyur Yamaha punya banyak pekerjaan untuk membenahi selama musim dingin. Mereka harus bisa mengatasinya,” tuntut Rossi. Rezki

BAGIKAN