nhk

Test Pramusim Sepang 2018: Yamaha M1 Kembalikan Sasis Tikungan Cepat

Winglet M1 2017
Fokus sasis

ManiakMotor – Bagi yang doyan teknik di MotoGP pasti sudah membaca arah riset masing-masing motor untuk 2018. Dimulai dulu dari Yamaha M1. Karena ini merek terpuruk diukur dari 10 tahun terakhir. Paling buruk juga buat Valentino Rossi selama dia bersama Yamaha.

Sirkuit-sirkuit yang brkarakter tikungan cepat yang mestinya santapan M1 gagal didapat. Karena saat itu, sirkuit tersebut dalam keadaan basah dan sangat panas. Dua tipe cuaca yang ternyata bikin gagal M1 spek 2017, “Ketika suhu aspal meningkat, motor seperti berlari di atas es. Sama dengan saat hujan, hasilnya sama-sama licin,” sebut Rossi yang ada pembandingnya teman setim Maverick Vinales saat mendapati situasi sama.

Arah perbaikan pun sudah bisa dibaca soal sasis yang terlalu kaku alias rigid. Sasis begitu menurut Rossi hanya enak dapat aspal yang banyak grip ditambah suhu yang sedang-sedang saja. Tapi sasis ini jadi tak bereaksi ketika hujan dan panas tadi. Sliding dan slip alias ban banyak berputar di tempat yang justru muncul.

Singkat cerita, sasislah yang jadi fokus para teknisi racing Yamaha di Jepang untuk M1 2018. Mesin ikut terbawa-bawa juga. Kelebihan mesin dan sasis M1 jagoan di tikungan cepat, harus muncul lagi 2018. Agar di sirkuit yang biasanya mereka dengan ‘mudah’ menang, bisa jadi lokasi mengumpul point.

Solusinya kembali pada sasis 2016 yang santer pada berita, memang iya. Tapi ingat saja, sasis itu hanya tepat juga dengan mesin versi tahun yang sama. Sementara, mesin versi 2017 saat Maverick Vinales juara Qatar dan Argentina telah berubah. “Sudah berkembang ke mana-mana dan harus dilacak bagian per bagian,” tambah Rossi.

Jadi isu kembali ke sasis 2016 panduan untuk mencetak rangka 2018. Itulah yang akan diuji di Sepang, Malaysia pada 28 – 30 Januari 2018? Intinya sasis M1 yang mantap di tikungan cepat. Soal infonya tunggu saja deh saat mereka testing. Miolo

BAGIKAN