nhk

Test Ride Hasil Karya Modifikasi, Cipanas – Jakarta

 

ManiakMotor  – Modifikasi bukan untuk pajangan, tetapi fungsional. Macam dibuktikan pada Touring  Elite Gaya Tauco Custom, ya rumah modifikasi Tauco Custom. Bahwa, karyanya bisa dipakai seperti umumnya motor harian.  Tidak peduli itu motor telah dipermak ekstrem.  Buktinya mampu pulang-pergi Cipanas, Jawa Barat – Jakarta, 15 – 16 Desember 2012. Ah, kurang jauh tuh. 

Ada 10 motor yang aslinya berkapasitas kecil yang dimodif  street fighter, chooper, trail /supermoto dan turing berangkat bersama. Jarak tempuh diperkirakan 200 km. Wah, melebihi  test ride Honda CB150R StreetFire dan Yamaha New Vixion yang baru diluncurkan, ya. “Dalam perjalanan teruji  kinerja  monosok, rangka dan kaki-kaki hasil modifikasi,” ungkap  Topo Goedel  Atmodjo  bos sekaligus komandan bengkel Tauco Custom yang bermarkas di bilangan Kebagusan, Jagakarsa, Jakarta Selatan itu .

Rombongan memang seperti gerombolan moge. Yang ini moga gede, moge juga, motor kecil dipermak jadi moge. Long trip dari Kebagusan lewat Margonda, Depok menyisir Jalan Raya Bogor, Cibinong belok ke Sentul dan tembus di jalur Puncak Pass. Semua jalur itu di wilayah Jawa Barat. “Perjalanan empat jam, normalnya sih 2 jam. Tetapi Sabtu memang macet. Apalagi pakai motor modif, turing  keluar kota baru sekali ini,”  bilang Kethut Hardiyanto  pemilik Yamaha  scorpio gaya hell cat. Ini motor semi ekstrem rombakannya dan pernah dimuat di maniakmotor.com.

Motor yang telah dimodifikasi dan menghabiskan dana yang tidak sedikit memang harus diuji jalan. Patah atau tidak rangkanya? Stabil atau ajrut-ajrutan? “Memang tidak senyaman naik buatan pabrikan. Tetapi punya nilai kebanggaan sendiri. Apalagi puya saya total bikin rangka dari nol,” cerita Dipa Citranto yang punya Yamaha Vixion yang disulap  chopper dan juga telah dimuat di portal ini. Pegal nggak pak? “Nggak sih, cuma linu,” canda pekerja perusahaan minyak ini modif motornya paling ekstreme.

Lain lagi Tiger model street fighter. Modif ini biasa-biasa saja alias hanya ubah penampilan. Tapi tetap butuh adaptasi dengan kondisi standar, “Prosentase ubahan yang tidak begitu banyak pada  kaki-kaki. Toh tetap beda,” kompak  Rommy Guntur dan Lanang yang mengkonsep motornya menjadi  model Ducati dan Tamborini yang di negara asalnya memang street fighter murni.

Motor penggaruk tanah dibikin aspal juga diajak. Dengan ubahan fashion,  dua Kawasaki KLX  150 dan D’Tracker 150 cukup repot di  jalan macet. Motornya tinggi yang bikin riding position jadi sulit. “Sejak berangkat sadar akan hambatan itu, ini motor bukan untuk jalan aspal,” kompak  Andri Surya Darma Aris dan Husain  yang  memang penggila motor bernuansa petualang.

Harusnya motor ini diajak ke gunung pak. Topo


MODIFIKASI BERKAITAN:

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Hell Cat

Modifikasi Yamaha Vixion, Chopper Jarang Di Darat

Modifikasi Honda Vario, Milik Istri Pemulung


Aggota Turing

Kethut Hardiyanto           : Yahama Scorpio

Dipa Citranto                  : Yamaha Vixion

Rommy Guntur               : Honda Tiger

Lanang                          : Honda Tiger

Yani Surya                     : Kawasaki Ninja 250

Rosadi                           :

Adri Surya                     : KLX150

Hussein                         : KLX150

Topo                             : Naik Pesawat

BAGIKAN