nhk

Texas Mainkan MotoGP 2013, Koboinya Antusias

 

 


ManiakMotor – Mulai  21 April 2013 nanti negara bagian Texas di Amrik tak lagi hanya terkenal dengan joki kuda-kudanya. Jika di film nggak ada matinya soal kuda. Nah, makin semarak dengan joki-joki kuda besi. Mulai tanggal itu, Texas resmi menjadi tuan rumah penyelenggara sirkus balap MotoGP.

Dorna Sports dan FIM (Federasi Balap Motor Internasional) akhirnya menetapkan Sirkuit Austin, Texas, masuk kalender 2013. Pemilihan Texas sempat menjadi kasus hukum antara mantan pembalap dunia Kevin Schwanzt dengan pengelola sirkuit seputar hak penyelenggaraan MotoGP. Juara dunia 500 cc musim 1993 itu akhirnya terlempar dari struktur penyelenggaraan meskipun ia yang membuka jalan MotoGP ke daerah asalnya itu.

Dengan masuknya Circuit of The America di Austin itu, Amrik nantinya punya 3 jatah MotoGP. Sebelumnya sudah menggelegar di Laguna Seca dan Indianapolis.

Bos Dorna Carmelo Ezpeleta mengaku girang dengan konfirmasi itu. Tapi, seperti biasanya, Om satu ini lebih perhatian kepada aspek komersial MotoGP ketimbang mutu balapnya sendiri. “Ini akan menumbuhkan pasar MotoGP seantero Amerika dan meningkatkan fans di sana,” katanya singkat dan amat jelas.

Untuk musim 2013 ada tiga pembalap Amrik yang main di MotoGP, yakni Ben Spies, Nicky Hayden dan Colin Edwards. Para koboi MotoGP ini antusias menyambut seri Texas. Terlebih Spies yang rumahnya di Dallas sangat dekat dengan trek Austin. “Keluarga, teman-teman komunitas motor Texas, dan para tetangga pasti datang beramai-ramai memberi dukungan,” katanya.

Di antara ketiganya yang asli anak Texas adalah Spies. Musim ini ia masih gabung di tim pabrikan Yamaha. Setelah posisinya direbut Valentino Rossi, musijm depan Spies akan membesut Pramac Ducati. Ia diharapkan jadi local hero musim depan untuk menggairahkan MotoGP di Texas. Tapi, apa iya mampu melawan para pembalap tim pabrikan? Lha, gabung di tim pabrikan sekelas Yamaha saja masih keok kok..kok…kok!  Andro

BERITA TERKAIT:

Stoner Pastikan Ikut Di Motegi, Tapi Bukan Menolong Pedrosa..?

FIM Sambut Penyatuan MotoGP Dan Superbike

Pedrosa Tolak Bantuan Stoner

MotoGP Aragon (Race), Pedrosa Dengan Enteng Juara, Tetapi..?

 

BAGIKAN