nhk

Thailand Gelar WSBK 2015, Test Untuk MotoGP 2016

 

ManiakMotor – Ketika Indonesia sibuk melarang motor masuk pusat kota (kebijakan Pengprov DKI tuh), negeri tetangga Thailand justru sibuk melambungkan bisnis dan atmosfer balap motornya. Pembangunan sirkuit modern Chang International Circuit di Buriram, 400 km luar Bangkok, sudah rampung dan dapat homologasi FIM (Federasi Balap Motor Internasional).

Trek itu juga sudah menggelar beberapa balapan mobil dan baru saja tuntas melangsungkan serial balap motor FIM Asia Road Racing Championship. Dan, event dunia yang ditunggu-tunggu para biker Thailand pun sudah di depan mata. Buriram baru saja masuk kalender WSBK 2015, kejuaraan dunia superbike yang imej dan greget balapannya meningkat setelah ditangani Dorna Sport (juga promotor MotoGP). Thailand akan mainkan itu seri balap pada 20-22 Maret 2015.

Itu sekaligus  tes buat Buriram. Jika sukses menghelat WSBK 2015 maka kemungkinan besar trek ini akan jadi salah satu seri balap MotoGP 2016. Itu prosedur yang acap dilakukan Dorna, sama seperti Sirkuit Sentul yang harus belajar di WSBK lebih dulu sebelum bikin Grand Prix (kini MotoGP) pada 1996.

Sayangnya Buriram masih terganjal soal infrastruktur guna menghelat event sebesar MotoGP. Kota kecil yang berjarak 400 km dari Bangkok itu hanya berpenduduk 15.000 dan masih sangat kurang soal akomodasi hotel. Itu PR agar bisa mainkan MotoGP di masa depan.

President FIM Vito Ippolito mengaku senang dengan masuknya trek sepanjang 4,554 km plus 12 tikungan itu untuk WSBK. Kontraknya pun 3 tahun ke depan dan juga potensi berikutnya menggelar MotoGP. “Masyarakat Asia sangat antusias pada balapan motor. Jadi, posisi Thailand sebagai tuan rumah akan penting dan berpengaruh besar,” katanya.

Padahal, ya padahal nih masbro, sejak tahunan lalu Dorna dan tim pabrikan MotoGP muanya tuh main lagi di Indonesia. Negeri ini dianggap lebih mantap segalanya soal balap motor. Tapi, itulah, seperti disebut di atas, para petinggi negeri ini memang lebih suka meminggirkan para bikermania ketimbang melambungkannya ke tingkat dunia. Sebel deh! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Test Pramusim 2015 Valencia: Rossi/Marquez Hujan-Hujanan, Lorenzo/Pedrosa Ogah

Ikut Moto3 CEV Repsol Spanyol, Topan Dan Nurgianto Mengahadap Menpora

MotoGP 2014 Valencia (Tes): Menurut Rossi, M1-nya Semua Oke, Kecuali Belakang

MotoGP 2014 Test Valencia (Pramusim 2015): Hati-Hati… Suzuki Di Tangan Aleix Espargaro, Bisa Ganas

 

BAGIKAN