nhk

Tidak Semua Velg Racing (CW) Adalah Tubeless, Hati-Hati Kempis Tiba-Tiba

Nih velg tubeless yang benar. Pada velgnya ada tulisan TUBELESS

ManiakMotor – Ati-ati ban tubeless bisa lepas dari pelek alias velg bahasa Belandanya. “Tidak semua velg casting wheel (CW) berspesifikasi tubeless. Terutama bawaan motor standar. Walau racing dia bukan tubeless, ban bisa bergerak sewaktu-waktu dan akhirnya bocor,” kata Totok dari PT Surya Ruberindo Industri yang memproduksi ban FDR.

Velg palang alias CW, tapi nggak ada tulisan Tubeless. Konstruksi bagian dalamnya juga beda

Velg yang tidak pas tanpa ban dalam umumnya dikeluarkan pabrikan. ya, pabrikan motor. Terutama lagi motor tertentu yang modelnya pelek palang diproduksi di bawah 2015. Coakan bagian dalamnya bukan untuk menahan dinding ban tetap bersatu dengan velg. Bila terjadi kendisi ektrem ban akan bergeser.

Menurut Totok untuk amannya, pelek demikian tetap menggunakan ban dalam. Takutnya saat ban panas, ban akan bergerak dan kempis tiba-tiba. Apalagi pada penggunaan ban yang kerja berat seperti untuk balap. Juga digunakan untuk beban berat.

Berbeda dengan velg yang memang TUBELESS,  konstruksi bagian dalamnya ada coakan yang bertingkat. Coakan paling luar untuk menahan ban jangan sampai bergeser dari dudukannya.

“Juga ada pengunci bibir ban agar kuat saat dapat tekanan angin. Paling mudahnya pada velg seperti ini pada palangnya tertulis TUBELESS, artinya memang untuk ban TUBELESS,” pungkas Totok.

Makasih infonya. MM

BAGIKAN