nhk

Tips Ban Dalam Korek Harian Sampai Balap

 

ManiakMotor – Urusan balap enggak cuma mesin, suspensi sama joki. Gagal menangnya pembalap menapaki podium seringkali karena hal sepele. Contohnya ban dalam. Setel tekanan psi-nya sudah pastingaruh pada traksi.. Tapi maniakmotor.comtidak bicara itu.  Ini soal cara pasang yang sering menghinggapi mesin sudah dikorek kejam, termasuk korek harian.

Pasangnya sih biasa, seperti yang lain. Justru yang diperhatikan saat endingnya. “Kalau saya, mur pengikat pentil ban saya copot,” kata Wahyu IOD, salah satu tuner Honda. Mekanik bermarkas di Gamping, Sleman, Yogyakarta ini dulu sering mengalami hal pahit. “Ban sering bocor, karena pentil terkelupas,” tambahnya.

Logikanya begini. Aslinya, mur pengikat pentil itu untuk menjaga posisi ban dalam agar tidak bergeser. Tetapi karena motor balap atau sudah dikorek harian punya torsi mesin besar, ban dalam suka ikut bergeser searah putaran roda. Kalau pentil tertahan pada tempatnya, karetnya tak lagi mampu menahan beban. Ya akhirnya sobek, ya anginnya abis juga.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Makanya harus dopot deh pentil sama pondasi ban dalam. Jadi ban dalam dibiarkan bermain atau bergerak searah putaram roda, ia tidak ditarik lagi. Itu lebih aman ketimbang mengencangkan kedua mur pengikatnya.

Ada juga trik menggunakan stopper seperti ban dalam motocross yang sudah sebagian diterapkan pada drag bike. Tapi model copot landasan ban dalam dan murnya  juga nggak kalah aman. Yang penting sering diperiksa. “Pergeseran posisi ban dalam terlihat dari posisi pentil lebih miring. Kalau sudah begitu, tandanya ban dalam harus dikembalikan ke posisi awal,” lanjut Iod, sapaannya.

Mekanik road race tampaknya juga memakai trik serupa. Bedanya, mur pentil tidak dilepas, tetapi dikendurkan sampai terikat dengan tutup pentil bagian atas. Trik ini lebih oke, karena kalau pentil kelewat miring, mur bisa jadi penahan. Kyaipradah

BACA JUGA

Knalpot – Kenalpot Racing Injeksi, Sensor AFR Harus Tetap Terpasang

Jupiter Z1 Racing; LSA Kemnya Adjustable! ‘Lobe-nya’ Tinggal Pilih

Tips Mengusir Tembakan Knalpot – Kenalpot

Apa Fungsi Celah Klep Coy? Ini Jawabannya, Brur..!

 

BAGIKAN