nhk

Tips: Bikin Alat Tuner Mencoak Rumah Roller Dari Bekas Setang Seher

ManiakMotor – Mengatur ulang coakan atau got rumah roller sama dengan menyetel gir pada motor yang menggunakan sprocket atau girboks manual. Roller hanya dikenal di matik yang menggunakan CVT. Got ini yang dimainkan para pengebut balap benaran, liaran dan korek harian.

Biasanya pula agar gampang dicoak, rumah rollernya dikasih pada tukang bubut. Tentu sampai di sana harus bayar, minimum Rp 100 ribu. Itu kalau langsung jadi atau sesuai kehendak sampeyan. Bila tak sesuai dengan gelindingan roller yang dimau, terpaksa balik lagi ke tukang bubut, bayar lagi.

Nah mendingan bikin alat tunner sendiri untuk mencoaknya. Cukup menggunakan setang seher bekas, jangan yang baru, pasti beli. “Setang seher apa saja bisa dipakai. Caranya sederhana, sediakan gerinda untuk alat potong setang,” jelas Wahyu Pungki dari bengkel khusus matik di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Potong dengan gerinda lingkaran kecil pemegang pin piston pada setang seher sekitar 1 – 1,5 cm (lihat foto).

Lanjutkan dengan memapas sikit ujung yang panjang bekas potongan tadi. Paprasan ini sembari menanjamkan bekas potongan. Sebab fungsinya nanti untuk menggali dinding rumah roller.

Setelah jadi silakan coba letakan pada alur rumah roller kemudian gerakan setang seher naik-turun dan maju-mundur. Gunakan  tekanan seperti mencungkel sesuatu. Pasti setang lebih kuat lantaran materialnya baja, sedangkan rumah roller cuma aluminium. Peragakan sikit demi sikit agar halus dan rapi. Tinggal tentukan berapa mm yang akan dicoak dan silakan mencoba dan semoga berguna. Rzk

 

BACA JUGA

Tips Motor: Pasang Sendiri Knalpot Aftermarket Yamaha R15, Modal Tiga Kunci!!

Tips Motor: FU Pakai Piston CBR Jadi 29 Dk, Efisiensi Mekanis..!

Tips motor: Pasang Cop (Karet Penutup) Busi Motor Matik ke Bebek, Ampuh Libas Banjir !

Tips Motor: Korek Rumah Roller Honda Beat, Ilmu Dari Drag Bike

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353