nhk

Tips Bikin Satu Spuyer Karbu PE Untuk Semua Ukuran, Pakai Setelan Sekrup

Spuyet Modif
Spuyer bisa disetel

ManiakMotor – Karburator Keihin PE memiliki sejuta penggemar. Hampir semua tukang korek mengenal karburator tipe ini, mulai yang berventuri 20 mm sampai yang paling populer 28 mm. Harganya pun terjangkau dari yang KW Rp 150 ribuan sampai yang dinyatakan orisinal di angka Rp 700 ribuan ke atas.

“Paling enak sih, terutama buat menggantikan karburator model vakum, plug and play,” kata Aga Waskitha, penunggang Suzuki Satria FU 150. Tetapi Aga bilang, settingannya jangan sampai salah. “Harga spuyer orisinal ekitar Rp 50 ribu per buah, itu pun setting harus meraba, bisa jebol kantong kalau nggak ketemu-ketemu setelannya,” kata sarjana hukum yang baru lulus itu sembari meraba kantongnya.

Karbu
Seperti ini bentuknya

Tenang, buat PE mania ada solusi sangat hemat tuh, satu spuyer bisa untuk semua ukuran. “Pakai saja spuyer adjustable,” kata Ageng Lemu, pehobi otak-atik karburator di Yogyakarta. Sekilas, spuyer bikinan Ageng ini mirip banget sama baut dan mur.

“Betul, memang dari baut 8 mm yang dimodifikasi jadi spuyer. Kalau ingin lubang spuyer makin besar, tinggal diputar ke kiri. Sebaliknya buat mengecilkan lubang tinggal memutar ke kanan. Jadi tak perlu beli-beli banyak ukuran spuyer,” lanjutnya.

Cara kerja spuyer itu mirip keran air yang besar-kecilnya air keluar bisa disetel sesuai kehendak sampeyan. Ageng menjual peranti ini Rp 50 ribu. Kok mahal masbro? “Itu sudah termasuk setting AFR lho?” wah murah tuh! Buat info lanjut, silakan sms ke 0817-485-2892.

Mudah-mudahan nomornya masih aktif, ya. Kalau nggak bikin sendiri saja. KP

BAGIKAN