nhk

Tips, Bohlam Putus Mulu Gara-Gara Kiprok

Kiprok motor

ManiakMotor – Kiprok atau regultor rectifier adalah elektronik penyeimbang arus dari alternator motor. Jika kiprok bermasalah, suplai pada klistrikan juga terganggu.

Biasanya, lampu-lampu pada motor  akan mengikuti putaran mesin. Saat digas lampu terang dan bohlam sampai koit, saat ditutup juga redup. Penerangan  tidak stabil, lantaran setrum tidak diimbangi kiprok pada rpm rendah dan tinggi…

Itu tanda kiprok harus dioprek, lantas ‘dilembiru’ alias dilempar beli baru. Kiprok yang bekerja sederhana lewat dioda itu, pengubah arus dari alternator yang AC jadi DC. Bila rusak, ya tinggal arus AC yang bekerja sesuai putaran mesin. “Sering putus bohlamnya. Ganti lagi, putus lagi. Fungsi kiprok ini aslinya penstabil arus,” kisah Galih Pramono, murid SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng yang kena  ‘tegur’ Pak Polisi lantaran lampu motornya mate.

Aries mekanik Aries Motor di Jln. Tentara Pelajar, Banjarnegara punya cerita yang serupa. “Belakangan sering terima pasien yang minta ganti bohlam. Tuh, lihat  bekasnya banyak kan. Padahal masalah hanya dari kiprok,” sebut mekanik berbadan subur itu seraya menyebut harga bohlam rata-rata Rp 13 ribu (KW2).

Tapi Aries memastikan kiproknya yang harus diganti. Bohlam putus mulu, bukan soal kualitasnya. “Mau diganti berapa kali pun tetap putus, kalau kiproknya rusak. Sebab, bohlam sudah dialiri arus di atas 18 volt saat rpm tinggi,” jelas Aries lagi yang menyarankan membeli kiprok asli berkisar Rp 85 ribu. Dia juga bilang kiprok rusak ikut menyerang aki.

Oke bro lain kali disambung langkah menggantinya. Ardel

BAGIKAN