nhk

Tips Bore-Up Honda Beat, Murah Dan Aman, Pakai Piston Kaze

Piston Kaze untuk Beat

Murah, aman, dan pasti lebih bertenaga dari standar Honda Beat bila pakai piston Kawasaki Kaze. Piston Kaze berdiameter 53 mm. Berarti lebih besar 3 mm dari standar Beat yang 50 mm. Kapasitas lumayan naik jadi 125 cc.

Toh daging silinder masih tebal, namun tetap lebih tipis dari aslinya. Ya iya to, kan dikorter… Yang paling ditanya selalu ongkos otak-atik . Yang ini tidak sampai Rp 300 saat maniakmotor.com terbit 2012. Karena artikel ini dimuat pada tahun itu dan dimunculkan kembali. Karena namanya tips nggak pernah basi. Dana segeeetu  sudah termasuk beli piston, ongkos bore-up, bayar tukang bubut, beli rokok dan minuman ringan buat sampeyan. Ayo langsung dikejain proyeknya, jangan kelamaan nanti dananya terpakai yang lain bro. Habis baca tulisan langsung laksanakan. Hehehe…

Soal pin piston sama-sama 13 mm. Cuma, piston Kaze dibubut bagian kepala dan pantatnya,“Saya biasa bubut untuk kepalanya 1 mm supaya saat TMA (titik mati atas) kepala piston sejajar bibir liner. Lalu, pantatnya dipapas 5 mm agar di TMB (titik mati bawah)  piston tidak beradu dengan bandul kruk- as,” terang Dede dari Ciomas Motor, Purwakarta, Jawa Barat yang bilang piston zaman sekarang sudah banyak diameternya sama dengan Kaze, macam piston Moto 1 Racing.

Cara itu tidak perlu tambah paking dan atur ketegangan rantai keteng. Maksudnya, paking dan rantai seperti standar Beat. Sebab, trik ini telah berulang-ulang dipakai Chemonk (panggilan akrab Dede) pada pasien bengkelnya. Sejauh ini tidak ada masalah. Nggak tahu deh setahun kemudian…

Yang penting semua pengerjaannya harus presisi. Misalnya membentuk dinding pada pantat piston Kaze wajib sama bentuk dengan piston Beat. Tenaga motor pun bertambah namun tetap irit bahan bakar, tidak jauh dengan konsumsi Beat standar,” ujar mekanik botak berambut gondrong ini. Haa..

Satu set piston asli Kawasaki Kaze dijual Rp 150 ribu, memang sih lebih murah dari Moto 1 Racing, hehe. Murah sikit dengan diameter yang sama. Sedang ongkos korter dan bubut piston menurut Chemonk tidak lebih dari Rp 100 ribu. Pilot jet harus naik 2 step dari ukuran asli  38,” ungkap Chemonk sembari menyebut harga pilot jet yang kisaran Rp 25 ribu. 

 

 

 

   

BAGIKAN