nhk

Tips Busi Motor: Tanda-tanda Kondisi Busi Sudah Jelek. Ini Penyebabnya

busi-daya-tahan-elektroda-lead

ManiakMotor – Kerja mesin sepeda motor sangat bergantung pada tiga unsur ini. Campuran bahan bakar harus pas, kompresi yang baik, dan percikan api dari busi yang bagus. Contohnya, busi NGK. Peran komponen yang ukurannya sebesar jari manusia dewasa normal ini, selain menjadi pemercik, juga tahan terhadap panas ekstrim dari suhu mesin. Selain itu juga tahan akan tekanan berulang-ulang hasil pembakaran campuran udara dan bahan bakar yang dayanya 5MPa (50kg/cm2).

Pada busi terdapat elektroda yang berfungsi sebagai pelindung dari ancaman korosi dari hasil pembakaran senyawa. Elektroda itu yang warnanya putih di kepala busi. Bila performa busi turun dan daya tahan berkurang dikarenakan ada penumpukan karbon. Cirinya, tegangan percikan pada celah busi kecil.

“Adanya endapan karbon (kerak) pada elektroda, tidak menghasilkan percikan yang bagus di antara dua elektroda. Itu  lantaran tegangan yang lewat situ terhambat oleh i kerak,” kata Mahesa Argha Yudha, Assistant Marketing Managere NGK Indonesia.

Cara mengatasi tidak terjadi penumpukan karbon, lanjut Mahesa lajukan motor dengan kecepatan 80 sampai 90 km/jam selama 10 sampai 15 menit. Tujuannya, agar temperatur busi naik dan kabron (kerak) dengan sendirinya rontok (self-cleaning). “Rekomendasi dari NGK, cek kondisi mesin setiap inimal 10.000 km atau setahun sekali,” papar Mahesa.

Tanda lain kondisi busi jelek, bagian tepi elektroda aus. Elektroda aus bukan saja karena kerak akibat bahan bakar yang kotor. Setelan campuran bensin dan udara bersama pengapian yang ngaco. Juga mekanisme choke pada injeksi (umumnya motor sekarang)  rusak sehingga pembakaran terlalu kering. Faktor pemicu lain, ada kerusakan pada sistem kelistrikan, stasioner terlalu lama, sering melaju sangat pelan dan salah dalam memilih jenis busi.

Ujung-ujungnya, perhatikan perawatan berkala. Jangan sampai lewat. Lebih penting lagi, pilih busi sesuai anjuran dari produsen motor macam NGK inilah. MM

BACA JUGA

Tips Motor: Sigmat (Caliper) Pengukur Lubang Porting From BRT, Digital Bisa Simpan Data

Tips Motor: Ini Jenis Busi, Jangan Sampai Salah Pilih 

Tips Motor; Karet Vakum Karbu Motor; Ampun… Jangan Kena Bensin Melulu, BBM Mahal, Bro..!

Tips Motor; Cara Pilih Filter Udara Berdasarkan Material, Hemat Bensin Dan Kencang..!

BAGIKAN