nhk

Tips Cegah Stater Matik Macet

Maniakmotor Semua pengguna matik – kecuali baru keluar dari dealer – pernah mengalami starter tendang (kick-stater)  macet. Tuh engkolnya tidak mau balik. Gejalanya saat pedal stater di selah terasa seret. Begitu kaki diangkat, tungkai saterternya diam saja. Makim kesal si matik tidak mau hidup. Mau pake stater elektrik akinya tekor. Huh... piye ki rek??

Sebelum kejadian serupa menimpa, mending baca dulu artikel ini. Nih penyebab utamanya, ya karena sampeyan pemalas. Hehehe, becanda bro. “Benar. Itu gara-gara kotoran yang menumpuk di gigi starter CVT. Itu motor jarang diservis,” imbuh Masrukin, lajang 24 tahun mekanik bengkel KINS di Jember, Jatim. Aje gile, jauh amat to…

Kotoran berasal dari debu yag menyelinap masuk, juga serpihan v-belt yang aus. Di sekitar gigi dan per stater ada grease atau gemuk. Kotoran tadi jadi gampang lengket. Apalagi jarang pemilik matik yang menggunakan stater kaki, karena repot posisinya. Kebanyakan menggunakan sterter elektrik, kotoran tersebut makin mengeras,” tambah mekanik ganteng yang cocoknya jadi aktor laga, ketimbang jadi mekanik. Hehe, tapi mekanik jadi bagian dari hidupnya, bro. Naseeeb..

Untuk itu melakukan pengecekan secara berkala di area CVT. Tetapi yang sudah keburu macet, tinggal dibersihkan wilayah tersebut, niscaya sterternya tetap begitu. Maaf bro, becanda juga. Kebetulan di bengkelnya lagi ada Honda Beat milik Dita salah satu pasiennya yang staternya macet. Maaf buat pemilik Beat, ini hanya contoh. Semua matik akan merasakan hal sama jika pemiliknya pemalas.

Buka dulu cover pelindung mesin bawah dengan obeng belimbing. Itu obeng plus yang di Sulawesi disebut obeng bunga, di Jakarta sering dibilang obeng kembang. Tetapi, bahasa tekniknya adalah obeng plus (+).   Lanjutbuka filter udara pakai kunci T8 (gbr1).

Buka satu per satu baut cover CVT juga menggunakan T8 (gbr2). Setelah cover terbuka, buktikan akibat malas, tuh banyak kotoran di area v-belt. Langsung dibersihkan dengan  angin kompresor. Belum selesai…

Itu kotoran sudah sampai ke area gigi dan pegas stater. Ini kudu membuka  6 baut lagi dengan obeng belimbing (gbr3). Bila kotoran sudah mengeras gunakan bensin lalu dibakar. Hahaha, kasar becandanya. Maksudnya sambil dikuas hingga bersih. Sebelum dipasang ulang, lumasi gigi stater dengan gemuk (gbr4).

Rebes, eh beres tinggal pasang kembali kebalikannya. Jangan sampai hanya jago bongkar, tidak terima pasang.GS

TIPS LAIN:
Tips Standar: Ganti Bohlam Honda Supra X Sndiri
Ganti Kabel Spidometer Jupiter Z, Tinggal Sebut Obengtang!
Bikin Membran Standar RX-King Jadi Racing
Ukuran Dan Kode Kadaluarsa Ban Motor
Kohar Bebek Yamaha 4-Tak, Pakai Piston Blitz Joy, Ngacirrrr..!

 

 

BAGIKAN