nhk

Tips Cuci Motor Injeksi, Awas ECM Dan Throttle Body

 

ManiakMotor – Ini tips sepele bagi yang sudah mengerti apalagi sudah terbiasa dengan injeksi. Tetapi akan berguna bagi yang belum pernah beli motor pengabut bahan bakar elektronik ini. Ya, kan? Iyalah, iya dong juga bisa. Ritual mencuci motor tak ada yang melarang, malah dianjurkan secara teratur intuk melindungi permukaan cat dan plastik. Tetapi memang, tidak mandi dua kali sehari terus gosok gigi seperti giginya penulis. Kinclong bro…

Juga, “Sembari mencuci akan mudah mendeteksi kerusakan, keausan dan kebocoran oli, cairan pendingin atau minyak rem,” buka Ariyanto, kepala mekanik Shinta Motor di Jln. Pemusa, Banjarnegara, Jateng sembari mengingatkan.

Khusus injeksi yang diperagakan pada Supra X 125 Helm In PGM FI, ada cara-cara khususnya. “Membilasnya tetap dengan air dingin secara menyeluruh. Tapi ada bagian tertentu yang mesti diwaspadai seperti ECM (Electroic Control Module), throttle body dan soket-soket. Meski bagian tersebut sudah dilindungi anti air, tetap harus hati-hati. Kalo sampai masalah siap-siap keluar duit banyak,” jelas Ari sambil bilang posisi ECM-nya ada di balik jok, throttle body dan soket ada dibagian atas mesin.

Yang dia sebut semua itu sebagai jalur pengapian dan bahan bakar. Tahu sendiri, listrik dan air hukumnya saling anti. Sama juga dengan bensin yang kata pepatah, ‘mana bisa bensin dan air menyatu’. Dia beda dengan ‘asam di gunung dan garam di laut bersatu dalam tempat masak’, heheh. Husss.

Mencegah ECM kena air sampai ke dalam-dalamnya, saat mencuci sepatbor belakang tak perlu disemprot terus menerus. Juga sudah berhasil basah dilap dan dibilas lagi pakai.  Tidak dianjurkan menyemprot dengan alat tekanan tinggi. Cara menyemprot throttle body dan sokter juga dari atas ke bawah.

Perhatikan juga arah air ke lubang kenalpot dan komponen-komponenkelistrikan lainnya. Khusus lubang kenalpot, sebaiknya ditutup dengan pelastik dan sebagainya, agar air tidak masuk ke situ. Memang sih nggak masalah, tapi lama-lama keropos. “Gunakan spons atau kain lunak saat membersihkan, jangan lupa setelah selesai, keringkan dan hidupkan mesin dan biarkan menyala dalam beberapa menit,”tutup Ari yang siap berbagi tips sederhana lagi.

Lho, di tempat cucian motor di Jakarta pada cuek beibeh tuh sama injeksi? Ardel

TIPS LAINNYA:

Kohar Satria FU-150, Lepas Dekompresi Pada Kem, Kompresinya Utuh

Satria FU Susah Netral, Obatnya Ganti Oli

Tips Injeksi, Setel Langsam Sendiri, Cukup Pakai Obeng!

Korek Kem Standar Semua Motor Harian

Tips Cegah Stater Matik Macet

BAGIKAN