nhk

Tips Darurat Atasi Sil Roda Vespa Jebol

ManiakMotor – Sil oli roda belakang Vespa jebol,  oli dari transmisi merembes ke teromol rem belakang. Selain oli habis, rem pun bablas dan mau berhenti ketika sudah nabrak angkot. Nah, jangan sampai begitu, segera diatasi. Di dalam kota, mudah dapat onderdilnya. Tapi, lagi turing luar kota dan jauh dari toko, ada cara mengatasi versi darurat.

Anto Adianto skuteris asal klub dFis Purwakarta yang kerap wara-wiri turing, punya trik  daruratnya. Katanya, lumuri hub teromol dan sil olinya dengan sabun colek merek apa saja. Yang penting sabunnya bisa dicolek. Kalau sabunnya mencolek ulang, itu bukan sabun alias colek-colekan. Pokoknya,  “Sabun colek ini cukup bekerja untuk menghentikan rembesan oli sementara,” buka Anto.

Copot dulu teromol. Kalau masih terpasang tidak bakal bisa dilumuri sabun colek. Kendurkan baut rodanya, ukurannya beda antara tipe Vespa. Misal, Vespa Super pakai kunci ring 19 mm, PX dan PTS pakai 22 mm. Exclusive, Excel dan Spartan 24 mm.

 Setelah teromol dilepas, terlihat sil oli yang jebol, dipastikan kampas rem dan landasan remnya dipenuhi oli. Keringkan oli yang belepotan di mana-mana itu dengan bensin. Setelah itu, baru lumuri sil roda dan hub teromolnya dengan sabun colek, lumuri agak banyak, “Pasang teromol dalam kondisi sabun belum mengering, setelah itu keraskan baut rodanya,” kata Anto.

Diamkan beberapa menit agar sabun colek mengering. Si semok dijamin bisa mengerem lagi dan bisa dipakai melanjutkan perjalanan. Selama tidak kena air, ini bisa menahan rembesan oli sejauh 50 km.

Mudah-mudahan sampai ke bengkel terdekat, dan jangan sampai ke rumah sakit. adit



BERITA TERKAIT:
Tips Mengenal Ukuran Ulir Baut
Setel Klep Honda Supra 125
Cairan Antibocor, Tambal Ban Otomatis
Filter Bensin Dari Sloki
Setel Deck Clearance Lewat Paking
Mainkan Paking, Atur Kompresi Harian
Analisa Dari Busi, Mesin Boros
KLX 150 Letoy Jadi Asoy


 

BAGIKAN