nhk

Tips Darurat, Atasi Sil Sokbreker Depan Lepas

 

ManiakMotor – Garpu depan atau sok depan punya dua seal yaitu dalam (bawah) dan luar (atas). Tulisan bahasa Indonesia yang benar soal seal adalah sil. Sil bawah adalah sil oli dan atas sebagai sil debu (gbr-1). Kerusakan sil dalam, selalu diawali sil luar. Sebab, debu akan langsung ke sil dalam dan merusak silnya.

Dan selalu yang rusak duluan sil luar yang lepas dari dekapan tabung sokbreker. “Bisa juga lantaran karena proses pembongkaran atau juga sudah saatnya lepas,” kata Syahrul Salam, ST, guru teknik sepeda motor di SMK Panca Bhakti, Banjarnegara, Jateng.

Bila kejadiannya dalam perjalanan sil atas lepas, ada cara darurat memperbaikinya. Itu ketimbang karet silnya lepas membuat debu langsung ke sil dalam. “Cukup diatasi dengan pita yang ada di plastik rokok. Lumayan bisa tahan dua minggu lebih,” yakin guru gaul penggemar Valentino Rossi seraya memastikan trik tadi bersifat darurat. Lebih dari itu, silakan ganti yang baru maksudnya bro!

Tapi tenang, omongan doi emang sudah dibuktikan langsung pada Suzy Thunder ’96 miliknya.  Yuk kita coba aja, “Pertama siapkan plastik rokok dulu, ambil bagian pitanya aja (gbr-2). Lalu, dililitkan pada bagian bawah sil yang ada alurnya (gbr-3),” lanjut calon ayah ini.

Nah, untuk langkah terakhir tinggal dipasang kembali sampai sil-nya benar-benar rapat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Ardel

TIPS LAINNYA:

Tips Standar, Setel Klep Honda Megapro

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

Bikin Stopper Ban Untuk Pelek Kecil

Tips Karburator Mio, Menghindar Mbrebet Di Musim Hujan

Deteksi Lampu Sein Padam


 

BAGIKAN