nhk

Tips Ergonomik Dengan Ganti Raiser Setang Kemudi

ManiakMotor – Raiser adalah atau dudukan setang atau penghubung setang dengan segitiga atas fork depan. Kebanyakan sih ada  pada sport atau dengan konstruksi sokbreker teleskopik panjang.  Setang yang duduk di situ yang umum bukan clip on atau jepit.

Settingan ergonomik setang bawaan bisa disesuaikan dengan kenyamanan sampeyan pemilik motor. Nggak mungkinlah motor pinjaman disesuaikan dengan diri sampeyan. Karena yang dikeluaran adalah setelan universal. Universal rata-rata tinggi orang Indonesia antara 160-170 cm. Bila kurang atau lebih dari itu, silakan posisi setang diatur dari raiser. Bisa lebih dekat, jauh, rendah dan tinggi.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Irvan bikers dari Citeureup, Jawa Barat punya keluhan, soalnya posturnya lewat dari yang disebut di atas. Ia juga sering berpergian jarak jauh dengan Yamaha Bisyon. “Dari pada saya ganti setang, mendingan ganti raiser dengan produk variasi. Ukurannya lebih tinggi dan cocok dengan riding style saya. Bisa ganti sendiri kok,” tukas Irvan dengan mimik berhasil.

Raiser memang fungsinya untuk adaptor alias penyambung. Sifatnya pun bisa disetel maju-mundur. Tinggal tergantung kesukaan, kenyamanan dan kebutuhan berkendara sehari-hari. “Bila jarak jauh misalnya lebih enak dengan setang yang tegak,” ujar Eyang Topo Goedel Atmodjo, punggawa dari Tauco Custom di bilangan Kebagusan, Jakarta Selatan.

Di sebut Eyang karena Topo paham soal ergonomi motor modifikasinya, salah satunya mengatur posisi setang dengan penggunaan raiser after market. Raiser juga bisa disesuaikan diameter setang kemudi. Mayoritas diameter selongsong setang 23 mm.  Juga bisa disesuaikan dengan dudukan asli bawaan pabrik. Adit

BACA JUGA

Tips Bebek Injeksi; Mudah Sekali Setting Gir!

Pasang Piggy Back Pada Motor Mesin Injeksi

Tips Bersih-Bersih Filter Fuel-Pump Injeksi Vixion

Tips Kopling Starter Yamaha Mio Los

 

BAGIKAN