nhk

Tips Ergonomik, Setting Kaki Pada Tuas Persneling

 

 

ManiakMotor – Motor yang sampeyan miliki, sudah paling terbaik dari pabrikan sesuai harga. Itu motor telah  melewati proses uji coba dari pabriknya, tak peduli apapun merek motornya. Di luar test ketahanan mesin sampai suspensi – makanya kredit bisa tiga tahun – adalah ergonomik yang diambil ukuran rata-rata. Kadang settingan pabrik kurang pas pas dengan postur konsumen. Makanya peranti pengoperasian sepeda motor ada yang bisa diatur ulang setelah keluar dari show room.

Salah satu contohnya adalah posisi tuas persneling pada bebek dan sport. Kemiringan tuas tersebut sesuai posisi telapak kaki umumnya orang berkendara. Jangan anggap sepele, karena berhubungan dengan kebiasaan penyemplaknya. “Motor saya sport, namun tidak terbiasa oper gigi menggunakan cara ungkit, lebih nyaman menggunakan tumit saat proses menaikan gigi,” ujar Adrianto, penyemplak Yamaha Vixion tahun 2012.

Apalagi mata kaki pernah kesleo main bola antar kampung. Ini bermasalah pada pergelangan yang jarak mainnya sudah terbatas. Pengaruhnya pada kenyamanan mengungkit (pakai ujung kaki) dan tumit saat perpindahan  tinggi.  Jika persneling kurang pas, ya pergelangan tidak akan nyaman dan mulus pindah giginya.

Cara ungkit pada bebek hanya terjadi saat menurunkan perpindahan gigi (bebek 4 percepatan). Sebaliknya  untuk sport, gigi pertama diinjak dan gigi selanjutnya pakai tendangan tanpa bayangan, halah.  Maksudnya bisa diungkit atau pakai tumit tadi. Contoh Vixion  yang posisi tuasnya ‘nungging’ sehingga kurang nyaman ditekan tumit, telapak kaki harus bergeser dari foot step. Pergelangan kaki juga terasa tersiksa bila memasakkan yang encok tadi. Di sisi laian dengan mengungkit tidak terbiasa.

Triknya tinggal menyetel posisi tuas persneling dengan menggeser derajatnya sesuai kenyamanan kaki dengan cara ungkit, injak tumit atau gigit. Ssst…  Itu namanya menyetel ergonomik. Sangat mudah dengan  mengendurkan baut pengikatnya dan cabut persnelung dari as-nya. Setelah itu tinggal geser sesuai posisi yang diinginkan.

Tuas persneling pun bisa disubtitusi, misalkan brother gemar mengungkit, sementara motornya bebek. Sampeyan bisa ganti tuas persneling dengan tipe sport, tinggal dicocokan mau pakai yang satu bilah – di depan saja – atau yang juga dilengkapi tuas bolak-balik.

Kebanyakan pengendara wanita posisi duduknya mefet ke depan jok. Itu membuat kaki lebih miring atau menukik ke bawah. Jika pakai setelan persneling standar, pergelnagan tertekuk duluan. Artinya tuas persneling harus diputar searah jarum jam atau lebih nungging mengikuti posisi kaki. Maklum wanita suka model yang nungging-nungging. Adit

TIPS LAINNYA:

Setel Klep Honda Injeksi, Ayo Coba Sendiri!

Warna-Warni Pelek Jari-Jari Alumunium, Dari Drag Bike Ke Jalanan

Tips Injeksi Motor, Jangan Main Semprot Filter Udara!

Ganti Roller Honda Beat, Perhatikan Ketebalannya..!!

Tips Pilih CDI Racing Korek Harian, Yang Sederhana Saja


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353