nhk

Tips Ganti Sil Master Rem Atas

Foto istimewa

ManiakMotor –  Sil master itu komponen yang berada pada master rem, berfungsi sebagai pompa minyak rem.  Bila ada gejala minyak rem ente baru seminggu diisi,  kok habis lagi, penyebabnya sil masternya bocor. Yang jelas ini bukan dranken master, tukang minum minyak rem. Hehehe…

Ini berarti terjadi rembesan. Jika dibiarkan, nggak masalah. Hanya, sampeyan dihentikan  pantat mobil dan bablas ke rumah sakit. “Kan lama-lama minyak rem habis. Remnya otomatis tidak berfungsi,” buka Edi Santoso dari Shan Motor Racing di Jln. S. Parman, Banjarnegara sambil menyarankan mengganti sil master.

Gejala lain sil master bermasalah yaitu ketika tuas rem ditekan, tapi tuas malas balik lagi ke posisi awal. Trus, remnya keras padahal nggak pakem. Di Jakarta disebut bagel. Karena sil ikut menyedot angin dari luar. Itu yang disebut angil palsu. Hehe, angin ada palsunya juga ya.

Nah, mari belajar sendiri mengganti sil master tadi. Eit, sebelum praktik belilah  sil master rem baru.  Jarang yang jual sil-nya doang, maka beli satu set di dalamnya sudah ada piston master, pegas, sil dan bahkan klipnya. Orisinal bianya di atas Rp 60 ribu tapi yang biasa sekitar Rp 20 ribu. Bisa disubtitusi, misalnya punya Honda Supra bisa pakai punya Kawak Kaze.

Nah tanya saja pada tukang toko, mereka mengerti kalau yang dicari nggak ada, bisa ganti apa yang sama? Begitu bertanyanya. Sekarang dipraktekkan di master rem atas Supra. Tetapi langkah-langkahnya sama semua motor. Paling hanya beda-beda baut.

Langkah pertama, sedot minyak rem pada master (reservoir) terlebih dahulu. Jangan pakai mulut sedotnya. Soal ini pernah dibahas pada tulisan sebelumnya dan silakan diklik di TIPS LAIN.  Lepaskan spion dan cover lampu dengan obeng plus. Lanjut, lepas handel rem dengan kunci ring atau sok 10 dan lepas tutup master rem pakai obeng.  Ketok pelan-pelan, hingga cepot tutupnya,urai mekanik yang sekaligus tuner kondang di Banjarnegara.

Lepas baut pegangan master rem pakai kunci T8. Tinggal lepas pengunci seal master pakai tang jepit dan susul menarik piston dan pegasnya. Setelah dilepas, jangan lupa bersihkan komponen yang dilepas tadi. Lalu, cek kondisi master silinder dan piston terhadap goresan atau kerusakan. Jika menjumpai hal itu, langsung lembiru alias lempar ganti yang baru.

Merakit kembali, tak usah bingung tinggal urutan membongkar tadi dibalik. Jangan hanya jago bongkar, tidak bisa pasang. Untuk master bawah, nanti tulisannya tersendiri. Sedang untuk menyetel minyak rem ada di link bawah, tinggal klik dan setel. Ardel

 

TIPS LAIN:

Tips Setel Minyak Rem, Sampai Muncrat….

Tips, Jurus Membunuh Bunyi Pada Rem

Setel Rem Teromol, Mudah Banget..!

Tips Daurat, Membangunkan Busi Mati

Tips Performa, Dengan Selang 5 mm Top Speed Naik

Tips Standar, Setel Klep Jupiter Z

BAGIKAN