nhk

Tips Injeksi Motor, Jangan Main Semprot Filter Udara!

 

ManiakMotorAsli! Ini tips sederhana sekali, sampeyan pasti bisa lakukan sendiri. Jangan-jangan juga sudah pernah melakukannya, hehehe. Yang belum, ikuti saja petunjuk bro Basirun dari Shinta Motor di Pertigaan Purwareja-Klampok, Banjarnegara, Jateng. 

Injeksi itu paling sederhana. Servisnya cuma  ganti oli dan membersihkan filter udara seperti Honda Beat PGM-FI ini. Filter misalnya, fungsinya sama dengan filter karburator,  penyaring udara, cuma ada perlakuan yang beda saat membersikan,” kata kepala mekanik lulusan SMK Panca Bhakti, Banjarnegara itu.

Paling utama, air filter alias filter udara injeksi tak boleh disemprot dengan udara bertekanan macam compressor. Itu berlaku untuk semua tipe injeksi, lantaran pada filter ada komponen visco element. Bagian ini kalo disemprot ada seperti oli yang  akan masuk ke sistem injeksi, makanya untuk membersihkan cukup dilap pakai kain dan dibantu kuas.

Membersihkan berkala filter adalah 8.000 km dan diganti 16.000 km. Tetapi tergantung setiap hari brosist melintas dengan motor. Jika jalanan belum aspal atau tadinya diaspal dan aspalnya rusak, pasti debu di mana-mana. Angka 8.000 bukan lagi patokan, bahkan bisa setiap 4.000 km sudah dibersihkan.   

Dibanding tipe bebek, matik injeksi lebih mudah dipraktekkan. Misalnya Honda Supra X 125 Helm In PGM FI, posisi filternya ada di bagian depan-atas (dekat komstir), jadi harus membuka bodi depan dulu. Sedang Beat  tinggal lepas cover filter pada bagian samping atas CVT, langsung ketemu tuh  filternya.

Mari kita praktekkan pada Honda Beat PGMFI. Langkah awal posisikan motor di tempat lapang dengan standar tengah, lalu ambil obeng + untuk melepas lima baut.  Kalo sudah, tinggal lepas filternya dan bersihkan dengan cara dilap pada bagian yang kotor,” jelas Basirun sambil mewanti pada saat dilap nggak usah terlalu nafsu, bisa sobek dan kurang rapi kertas filternya.

Terakhir setelah yakin bersih, tinggal dipasang kembali dengan posisi filternya menghadap ke depan. Jangan lupa kencangkan lagi semua sekrup dan baut.  Selamat mencoba. Ardel

TIPS LAIN:

Ganti Roller Honda Beat, Perhatikan Ketebalannya..!!

Tips Pilih CDI Racing Korek Harian, Yang Sederhana Saja

Tips Cuci Motor Injeksi, Awas ECM Dan Throttle Body

Kohar Satria FU-150, Lepas Dekompresi Pada Kem, Kompresinya Utuh

Modif Dan Tips Kohar FU Standar, Ilmu Dari Drag Bike..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353