nhk

Tips Injeksi, Setel Langsam Sendiri, Cukup Pakai Obeng!

 


ManiakMotor Yang dimaksud langsung alias stasioner adalah kondisi campuran bahan bakar dan udara yang  ideal. Biasa disebut AFR (Air Fuel Ratio) ada di angka 1:14. Bisa diukur dengan takometer alias alat pengukur putaran mesin, kondisi itu terjadi pada 1.300-1.500 rpm (tergantung jenis motor).

Pada injeksi perbandingan itu bisa lebih presisi, lantaran banyak sensor yang bekerja. Canggih brosist! “Itu pula yang bikin orang minder duluan. Padahal ada juga hal sederhana yang bisa dilakukan sendiri, macam setel stasioner, cukup pakai obeng,” kata Ariyanto, kepala mekanik di Shinta Motor, Banjarnegara, Jateng.

Ari lantas mempraktekkan pada Supra X 125 PGM FI Helm In milik si reporter. Motor baru rupanya, canggih kaleee. “Posisi  screw-nya ada di throttle body. Tak perlu lepas bodi segala, cukup intip di bawah samping kanan, lewat sirip-sirip ini,” jelas Ari yang pernah juara lomba mekanik Honda itu. Brosist yang masih bingung boleh tanya langsung mekanik ahli, mana bagian yang dimaksud.

 Lantas, bila sudah ketemu siapkan obeng  min. Pakai yang batangnya kecil dan panjang ya, biar bisa menjangkau.  Tinggal putar  ke kiri mentok dulu sekrupnya (ditutup), setelah itu putar ke kanan (2 putaran). “Yang dimaksud dua putaran sama dengan empat putaran obeng yang ketemu dari titik putar awal. Nah sampai di situ tinggal dicari stasionernya,yakin Ari  yang alumni SMK Panca Bhakti Banjarnegara jurusan otomotif itu. 

Ari juga menambahkan, bahwa apa itu yang dilakukan juga setiap kali servis rutin injeksi. “Kalo setelan stasionernya tak sesuai standar timbul gejala macam mbrebet. Karena di injeksi itu berhubungan dengan udara,”tutup Ari sambil bilang next time tips sederhana lagi tentang injeksi. Ardel

TIPS LAINNYA:

Korek Kem Standar Semua Motor Harian

Chain Guard, Dari Balap Ke Harian

Tips Cegah Stater Matik Macet

Tips Standar: Ganti Bohlam Honda Supra X Sndiri

Bikin Membran Standar RX-King Jadi Racing



 

 

BAGIKAN