nhk

Kampas Kopling Jupiter MX, Pakai Milik Honda, Tocker

Kopling Honda

ManiakMotor – Akselerasi Jupiter MX 135 LC akan meningkat bila diberi kampas kopling Honda GL dan Kharisma. Kok dua? Iya, sebab konstruksi kopling MX berbeda sesuai tahun pembuatannya.

Gbr-1

Pokoknya akan lebih bertenaga dengan MX yang baru dibeli dari dealer. Seperti yang dilakukan Wandi pada MX-nya.  Kampas koplingnya diganti punya Kharisma. “MX keluaran lama bisa pakai Kharisma, tapi keluaran 2009 ke atas harus  GL,” yakin Wandi yang juga mekenik bengkel dealer Yamaha di jl. Sultan Agung, Jember, Jatim. Oi, jauh kali 

Pakai milik Honda, antara permukaan kampas lebih menggigit dan hasilnya adalah akselerasi. Mungkin kampas kopling asli MX dari awal rada ompong kalee, makanya harus diganti yang lebih menggigit. “Asli mas, suya sudah coba,” tambah Wandi. Percoyo, mas… 

Lebih rinci perbedaan kampas MX lawas dan baru terletak pada jumlah kaki kampas. Berarti,  dudukan kampas pada  mangkok kopling juga berbeda. Jupiter MX terbaru kaki kampasnya lebih lebar (gbr-1). Maka pemasangan kampas Karisma pada MX lawas harus pakai 6 lembar kampas kopling, agar pas dan memberi respon tenaga yang bagus. 

GBR-2

Sedang  MX lansiran 2009 ke atas pakai lima lembar kampas GL-Pro. Agar hasilnya makin sip lepasin kampas yang kecil berikut dua buah plat atau judderspring-nya (gbr-2) diganti dengan kampas yang utuh. Ini berlaku buat yang lawas dan baru. 

Soal harga kampas  Karisma orisinal tidak jauh beda dengan kampas GL-Pro per set-nya pasti tidak kecewa. MM

 

BAGIKAN