nhk

Tips Karet Dumper, Pakai Karet Pengaman

 

ManiakMotor – Karet kolor yang melilit pinggang saja bisa kendur, apalagi karet pengaman (dumper) roda. Karet itu saban hari menahan atau meredam entakan saat pindah gigi dan akselerasi. Tepatnya berada di tromol belakang atau pada pasak jari-jari pelek, bukan di pinggang.

Seperti kisah Febrianto Teguh BerimanUdah teguh beriman pula, dia murid SMK Panca Bhakti Banjarnegara, JatengDoi mengadu pada Syahrul Salam ST, guru yang mengajarnya.  ”Gir belakang motor terasa ada entakan kuat saat buka gas tiba-tiba, kenapa ya  pak,” begitu keluh Beriman.

Seperti tak ingin kehilangan muka, bro Syahrul coba ’mendiagnosa’. ”Ini problemnya ada di karet damper teromolnya yang aus atau getasKarena kamu ugal-ugalan di jalan. Pindah gigi seperti pembalap, buka gas seperti pembalap liar. Bisa juga, motor kamu itu belinya bekas, jadi karetnya sudah berumur, waktunya diganti,” begitu jawab sang guru pada muridnya yang hanya manggut-manggut.

Ya, seperti kata pepatah Jawa, GuRu berarti  ditiru lan di guguArtinya, au ah tidak mengerti. Mengertinya hanya bahasa Batak, Gorontalo, Sunda, Papua, dan ditambhah dikit-dikit bahasa Urdu.  “Dicontoh dan diikuti maksudnya bro,” kata Pak Guru. Nah dari tadi pake bahasa Indonesia yang benar, pak. Saya pikir guru kencing berlari, murid kencing di celana… hahahaha… hus, ora lucu.

Namanya juga murid, pasti berkantong cekak.  Katanya, solusi cepat cukup pakai karet ban dalam bekas. Jangan lupa siapakan gunting atau cutter, “Bannya dibentuk sesuai dumper. Lalu di pasang pada celah karet damper dan rumahnya. Pastikan ketika gir belakang dipasang, tidak ada gejala oblak lagi,” wanti sang guru sampil bilang ini sifatnya sementara. Tapi kalau sudah ada uang mendingan beli yang baru. Itu yang lebih tahan lama.

Ok bro! Ardel

TIPS LAIN:
Bikin Jos Karbu Vakum!
Bagian Motor Yang Butuh Gemuk Dan Oli
Cairan Antibocor, Tambal Ban Otomatis
 Cuci Motor Sendiri, Cat Dan Anda Sehat
Geser Balancer, Mesin Tokcer..!

 

 

 

 

 

 


BAGIKAN