nhk

Tips: Kem Mobil Honda Cielio Meterial Paling Kuat Buat Motor Balap!

Kem contoh buat Jupiter Z drag bike

Maniakmotor – Noken as racing atau balap tidak sekadar kuat, tapi lapisan metal atasnya harus konsisten agar durasi tak berubah-ubah. Disebut memiliki pengerasan atau hardening dengan perlakuan proses panas pada metalurgi yang tepat untuk peruntukannya. Makanya tak berubah oleh panas dan tingginya putaran mesin. Sebab itulah mekanik balap pada rame cetak kem berbahan dasar dari noken-as mobil yang dicetak ulang untuk motor.

Yang lama sekali milik Honda Genio, lalu muncul lagi kem Estilo. Kata mekanik materialnya lebih kuat dari noken bawaaan motor, termasuk kem mentah di pasaran. “Keuntungan lain dengan noken as mobil, profil kemnya mudah dibentuk. Juga kuat, karena tadinya untuk mesin SOHC  mobil. Kem ini bekarja lebih berat,” tutur Ibnu Sambodo dari Kawasaki Manual Tech yang awal-awal karirnya mengorek bebek.

Lantaran hubungan Ibnu sekerang main di ARRC langsung dengan Kawasaki Jepang, dia dapat khusus dari sana. Entalah masih butuh kem mobil nggak tuh orang, hehe. Kan gaulnya sudah ke Kawasaki langsung di Jepang bro yang tahu betul soal metalurgi.

Belakangan yang sudah agak lama juga, bahan noken-as yang lain buat mekanik yang liaran dan resmi. Tetap saja dari milik roda empat. Itu dia milik Honda Cielio. Hummmm… ini mobil Honda keluaan 90-an, Katanya materialnya lebih mantap.

“Sudah dipasang di motor 4T dragbike tim saya, terbukti setahun baru habis satu kem. Beda dengan sebelumnya pakai mobil juga satu musim bisa habis 2-3 kem,” terang Aris Seehan Wijaya, mekanik drag bike Jatim sambil menunjukkan kem pada reporter. Tuh gambarnya, monggo dilihat! Tapi kok nggak jelas tuh foto.

Kata Aris proses pembuatannya sama. Harus minta tolong ke tukang bubut untuk dibuatkan kem mentah berbahan ken Cielio tadi. “Bentuknya dibikin mirip dengan yang sudah jadi. Untuk silinder tunggal lebih mudah dibubut pada mesin cetak khusus kem yang sudah banyak beredar. Karena aslinya Cielio mesin SOHC,” ujar Aris lagi. MM

BAGIKAN