nhk

Tips Kepepet Tambal Karet Vakum Karburator Motor Sobek/Bocor, Modal 500 Rupiah

ManiakMotor – Setiap komponen punya batas pakai atau umur. Sama dengan manusia, ada batas umurnya juga kan. Macam karet vakum karburator, umurnya sekitar dua tahun setelah selama itu hidup terus melayani ruang bakar. Apalagi, karet ini sering dibongkar untuk diutak-atik, ya cepat bocor.

Nggak perlu dijelasin kan

Bisa saja karet ini bocor tiba-tiba dalam perjalan jauh misalnya. Atau sampeyan sedang dalam keadaan kanker alias kantong kering. Maklum harga karet vakum ini lumayan antara Rp 250 – 350 ribu. Belum lagi bersamaan dengan bayar cicilalan motor yang karet karbu vakumnya sudah bocor itu, wah barabe.

Tenang, tenang brosist, jangan panik. Caranya mudah cukup beli hansaplast atau plester luka model plastik. “Ini hanya keadaan darurat. Ya, cukuplah saat dana untuk beli karet vakumnya sudah terkumpul ulang. Sebulan sih lebih,” jelas Bangkit Ciptaning dari bengkel BT AutoRacingdi Jl. Lombok Barat, Pamulang, Tangsel. Cocok tuh buat yang sering jalan jauh.

Hansaplast tersebut dipotong secukupnya. Pastilah, plesternya harus lebih lebar dari area bocorannya. Tapi jangan terlalu besar-besar nanti malah mengganggu kinerja vakum. Ya, sudah tinggal ditempel seperti menempel plester pada luka.

Eh ngomong-ngomong tahu tidak, epek dari bocornya karet vakum? Nih, bila karet bocor, tidak akan terjadi sedotan yang berlawanan dengan angkatan kabel gas alias hilang kevakumannya.

Mesin tidak enak di putaran langsamnya, karena memang tak mau stansioner. Digas awal juga ndut-ndutan. Maka obatnya ya obat luka ini, hehe. Ingat ya setelah lukanya sembuh, eh kantongnya sembuh mendingan lembiru, lempar yang lama beli baru.

BAGIKAN