nhk

Tips Kondisi Motor Di Bulan Puasa

 

ManiakMotor – Jangan sampai gara-gara motor bermasalah, puasa batal. Misalnya, mogok di tengah jalan akibat setrum aki habis, lalu ente dinaiki motor. Kan mendorong atau direpotkan cari mekanik, itu sama saja dinaiki motor. Iya kan? Di saat itu, stamina menurun dan jadi alasan untuk membatalkan puasa. Belum lagi kesal dan akhirnya kata-kata kebun binatang keluar, ya,  mendingan batal saja.

 Untuk itu, kesehatan motor harus dijaga dan mudah-mudahan sehat sampai diajak mudik.  Perawatannya juga sederhana. Misalnya, saat ini pengapian 4-tak banyak tertumpu pada aki. Jika setrum habis, motor juga ogah hidup. Di sisi lain, aki  benda sederhana yang jarang di tengok, setelah beramasalah, baru ingat…

Kalau pun pakai pengapian AC, saat aki mati dan mesin tetap hidup, juga ada kelemahan. “Utamanya starter otomatis (electric stater). Ketika berpuasa akan menjengkelkan jika arus aki tidak kuat memutar motornya. Akhirnya starter tendang (kick starter) yang dipakai,” ungkap Agus dari Mawar Motor di bilangan Cinere, Depok.

Tidak peduli aki tipe basah dan kering. Siapa bilang yang kering tidak butuh ditengok? Tetap bos, terutama umur penggunaannya dan kabel-kabel yang mengikat kepala akinya kendur atau tidak. Sedang tipe basah, air akinya dan kepala aki yang diperiksa. Jangan lupa periksa tegangan aki, jika kurang dari 12 volt segera dicharge, tapi beberapa hari kemudian berkurang lagi, sebaiknya diganti.

Periksa busi dan ingat-ingat  telah berapa lama digunakan. Jika sudah tahunan, belilah pak,murah  dibanding nilai puasa. Busi baru dan lama, tetap diperiksa celah kerenggannya.  “Kelihatannya sepele, tapi kalau dipakai di dalam kota Jakarta yang macet, hasilnya memengaruhi. Mesin panas dan bensin boros. Rata-rata celahnya  antara 0.70 mm- 0.80 mm,” timpal Christian Ricardo, mekanik dari Kamang Motor, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Tengok juga kabel kopling manual terutama motor yang telah di atas 3 tahun. Caranya dengan menarik tuas kopling, rasakan apakah ringan atau campuran. Maksudnya awal ditarik ringan, sampai di tengah seret. Nah, itu tanda-tanda kabelnya kotor, “Semprotkan cairan antikarat atau oli pada sela-sela kabel. Jika tetap begitu, sebaiknya diganti,” jelas Panjul sapaan akrab Christian.

Ban bukan hanya alas roda, tetapi juga alasnya nyawa.  Ban kempes tiba-tiba celaka menanti. Makanya, jika botak silakan ganti. Bagi yang telah diganti dengan tapak lebar, ada baiknya dikembalikan ke standarnya dulu selama puasa. “Tapak lebar, kontak ban semakin banyak ke aspal, itu butuh tenaga mesin dan manusia. Saat  diparkir, motor berat,” anjur Bagus Ardian, Marketing Communication Manager Planet Ban.

Semua oke, tinggal periksa tekanan ban. Angin kurang, motor  berat. Dan saat tekanan terlalu tinggi handling motor jadi liar. “Saat direm motor tetap meluncur saking kencangnya itu ban,” kata Bagus yang menyarankan tekanan angin depan antara 24-28 psi dan belakang 28-31 psi atau sesuai bobot pengendara dan fungsinya. Adit

BERITA TERKAIT:
Tips Performa, Dengan Selang 5 mm Top Speed Naik
Analisa Dari Busi, Mesin Boros
Per Depan BeAT Ganti Supra 125
Setel Klep Honda Supra 125
Cuci Motor Sendiri, Cat Dan Anda Sehat
Filter Bensin Dari Sloki
Mainkan Paking, Atur Kompresi Harian

 

BAGIKAN