nhk

Tips Korek Harian Yamaha Byson 26,7 Hp, Hanya 4 Juta-an, Ini Jurusnya!

Kohar Byson

ManiakMotor- Ilmu ini diklaim punya power lebih dibanding motor yang sama (bore up 225 cc). Bagaimana tidak, bore up 225 cc tenaga hanya kisaran 13 dk, tapi dengaan trik ini bisa tembus 26,7 dk (200 cc). Wuihh..mantap kan!

Kohar Byson
Piston Moto 1

Itu ulah Swega from RAT Motor Sport Sidoarjo, Jatim. Dibantu salah seorang asistennya bernama Erwan dari Lumajang, Jatim, jurus kohar alias korek harian ini tentu berguna bagi turing mania dengan Byson. “Jadi, Byson ini sebelumnya sudah bore up 225 cc. Makanya, langka awal melengserkan modifan sebelumnya dengan piston Tiger. Gantinya piston Moto 1 yang banyak ukurannya,” sebut Swega.

Mengimbangi mesin yang volumetriknya membengkak, klep yang digedein. Tujuannya, terjadi keseimbangan dalam pemasukan, pembakaran dan pembungan. Tapi, klep saat duduk terlihat ambles. Eh ternyata itu memang disengaja, coy.

Bisa 27 dk loh

Dengan ambles itu, flow dan gas speednya malah turun drastis. Makanya valve seat ditata ulang, agar sesuai harapan kohat. Posisinya di bawah garis skir 45, 60, dan 75 derajat.
Kepala silinder belun berhenti diporting. Tahu kan sampeyan yang namanya porting? Itu loh, jalur bahan bakar yang masuk dan buang diberi ruang lebih besar. Itu masih diimbangi kem yang diperlebar durasinya menjadi 272 derajat dengan lift 7 mm.

Terakhir kompresi dimainkan sikit. Sayang sikitnya nggak disebut seperti apa? “Biayanya kohar ini hanya Rp. 4 juta-an,” kata Swega sembari bilang kalau tertarik, silakan kontak BBM 5F8F965. Dengan trik ini bisa 27 dk loh. Nah bilang dapat info dari maniakmotor.com. Ardel

Spesifikasi :
Bore 67 mm dome 1 mm (Moto 1)
Perbandingan kompresi 11,7 :1
Klep BRT 32/28
3 Angle valve, porting polis head
Karburator PE28 (pilot jet 48, main jet 118)
CDI BRT Poermax
Cam 7,4 mm lobe lift, durasi 272
Kampas kopling Scorpio
Pir koplir TDR
Knalpot WRX spesial order

BAGIKAN