nhk

Tips Bungkam Petasan Di Jupiter Z

ManiakMotor – “Dar… der… dor… ada apa ini, kok Jupiter Z saya kenalpotnya jadi petasan?” kata Pak Rudi, polisi di Jawa Timur sembari panik. Padahal saat itu dia mau razia petasan di warung-warung pinggiran Jatim. Tidak tahunya malah motornya yang jadi produksi petasan. 

Tenang komandan, nih ada bro satu yang lebih hebat dari GEGANA, namanya Haris,  penjinak  bom dari bengkel HARD Motor Banyuwangi. Gejala itu muncul ketika mengurangi kecepatan dan menurunkan gas (ya iyalah masak mengurangi malah naikin gas),  knalpot langsung meleduk, duuaaarr,” kekeh Haris yang sama dengan penulis ini namanya.

Saran Haris untuk melakukan pengecekan pada AIS, apaan tuh? Kalo ASI semua ngerti, apalagi NASI, penduduk Indonesia tahu. AIS? Nama orang ya? “Itu air injuction system atau AIS, dia yang mengatur udara kotor pada pembuangan gas beracun,” kata Haris. Wah, benar-benar penjinak wanita dia, eh, petasan.

Katanya, petasan itu akibat kevakuman AIS bocor. Sehingga udara  yang seharusnya masuk ke lubang buang, malah ikut terhisap ke lubang inlet. Udara di ruang bakar jadi lebih kaya dan bensinnya jadi kismis, eh, kismin. Kering dan duar

Langsung praktek jangan banyak teori, nanti petasannya keburu meledak lagi.  Telanjangi dulu Jupi-nya. Cukup buka cover bagian kanan depan. AIS-nya ada di sebelah karburator, lebih tepatnya di atas busi (gbr.1)

Lepas alat tadi dari tempatnya menggunakan kunci “T” 10.  Lalu buka penutupnya menggunakan obeng minus. Awas harus pelan-pelan, siapa tahu ddi dalam ada  bom beneran, bisa meleduk besama motor ente. Di dalamnya berbahan karet yang sangat rentan sobek jadi mesti hati – hati membukanya (gbr.2)

Coba cek bagian karetnya tadi, biasanya berlubang dan mesti ditambal,” cerita Haris yang mestinya jadi detektif penjinak bom ketimbang jadi mekanik, dia berparas tampan bro. “Ah, mekanik juga pekerjaan mulia,” katanya. Jempol lah. Untuk menutupi lubang tadi gak usah dibawa ke tukang tambal ban, gunakan lem alteco atau lem G. Oleskan pada bagian berlubang tadi sedikit saja. Jangan terlalu banyak, kalo berlebihan bisa merusak sifat kenyal dari karet  (gbr. 3)

Keringkan sebentar. Untuk lebih memastikan bisa dilakukan pengecekan ulang pada bagian lain. Jjika masih ada lubang kecil saja bisa menciptakan bunyi, tuuutt..itu mah penulis lagi buang gas. Setelah kering pasang kembali penutupnya, pelan-pelan agar karetnya tidak terjepit. Jangan lupa penutupnya diberi lem agar tidak gampang lepas (gbr.4)

Ngomong-ngomong pak polisi mana, ikut ngabuburit ya???? GS

TIPS LAIN:
Tips Performa, Dengan Selang 5 mm Top Speed Naik
Bagian Motor Yang Butuh Gemuk Dan Oli
KLX 150 Letoy Jadi Asoy
Mainkan Paking, Atur Kompresi Harian
Per Depan BeAT Ganti Supra 125
Tips Rem Pakem Pakai ‘Gondurekem’
Tips Standar, Setel Klep Jupiter Z





BAGIKAN