nhk

Tips Motor: 7 Sebab Ban Oleng, From FDR

ManiakMotor – Hanya lihat foto yang ada daftar tujuh penyebab roda/ban oleh sebenarnya sudah mengerti. Tips dari ban FDR ini memang sederhana dipahami. Tapi kalau nggak paham juga, itu keterlaluan. Maksudnya ayo dipahami bersama.

Yang pertama soal pemasangan ban yang kurang presisi. Tidak semua bibir ban atau rim line sejajar bibir pelek. Akibatnya rotasi terganggu yang bikin oleng. Lalu yang kedua pelek memang bengkok. Banyak sebab, jari-jarinya sudah pada kendur atau laher roda yang oblak. “Sedang pelek palang pernah terbentur dan membuatnya peyang,” kata Totok dari bagian teknik FDR.

Ketiga tekanan sokbreker. Maksudnya fungsi sokbreker yang sudah berkurang. Saat meredam beban motor sudah tak mampu. Ini bikin laju jadi oleng. Tanda-tandanya pada ban, keausan ban yang tidak merata, bannya benjol-benjol. Keempat adalah tekanan angin yang kurang membuat tapak ban terlalu banyak menyentuh aspal. Selain oleng tanda-tanda lainnya setang setir jadi berat, mesin juga jadi boros.

Yang ke-5 sering dirasakan saat menginjak marka jalan yang cat putih itu loh. Tapi maaf ya, itu bukan ban FDR loh. Itu akibat perbedaan kontak kompon yang tiba-tiba tak senyawa, makanya oleng, gripnya hilang sebentar. Ke-6  antara roda depan dan belakang tidak sejajar atau senter. Bisa jadi akibat rangka motor yang bengkok. Dan terakhir laher roda yang oblak. Mudah kan. MM

BACA JUGA

Tips Motor: Arti Tulisan Pada Dinding Ban, Sederhana Dimengerti From FDR..!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353